AwWI : Destinasi Wisata Edukasi Berbasis Taman Sains Pertanian

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Agrowidya Wisata Ilmiah (AwWI) yang berada di Jl. Raya Pakuwon, Sukabumi, kini telah menjadi pilihan utama tujuan wisata dan edukasi bagi sejumlah institusi pendidikan. Tidak hanya tingkat pendidikan tinggi, melainkan juga semua seperti SMA, SMP, SD, bahkan TK dan Paud. AwWI yang merupakan Kebun Percobaan (KP) milik Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) ini memiliki konsep Taman Sains Park (TSP), jadi sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi. Dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana yang lengkap, seperti lokasi pembenihan, lokasi kebun entres, lokasi pengolahan hasil perkebunan, rumah kaca, hingga sarana umum lainnya seperti musholla, kamar kecil, hingga saung tempat beristirahat.

Seperti kemarin, Kamis (24/1), sebanyak 50 siswa dari Yayasan Raudhatul Athfal (RA) Al-Basthoh, Kec. Cicurug, Sukabumi berkunjung ke AwWI milik Balittri. Bersama guru pendampingnya, mereka belajar langsung mengenal berbagai tanaman, khusunya tanaman perkebunan. Di sini mereka dikenalkan struktur tanaman kopi dan kakao yang berada di Kawasan AwWI.

Istilah Outing class dewasa ini semakin dikenal di dunia pendidikan. Outing class merupakan salah satu metode pembelajaran yang dilakukan di luar ruangan dengan tujuan mengajarkan siswa lebih dekat dengan alam. Pengembangan bahan ajar secara tematik yang berbasis pada pendekatan alam dan sains juga menjadi cara terbaik dalam proses belajar karena dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Keberadaan AwWI ini diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran yang memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Highlights

Pengunjung

We have 56 guests and no members online

Statistik

Articles View Hits
1111212

Kunjungan

Hari IniHari Ini862
KemarinKemarin703
Minggu IniMinggu Ini2633
Bulan IniBulan Ini2633
TotalTotal87928
IP Anda : 44.210.77.106

Hak Cipta © 2017 Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI)
Jalan Raya Pakuwon Km. 2 Parungkuda, Sukabumi, 43357 Jawa Barat Indonesia
Telp. +62-266-6542181 Fax. +62-266-6542087 e-mail: balittri@litbang.pertanian.go.id, balittri@gmail.com