-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
WBK
satu-layanan
PPID
Lapor.go.id
Kalender Tanam
Ejurnal
perpus_digital
Sigap UPG
TV-TANI
Saber Pungli
SKM

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 19 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 926668
Follow Up Pengembangan Kopi Robusta dengan Disbun Sumsel PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Ilham Nur Ardhi Wicaksono   
Senin, 31 Desember 2018 07:30

Dalam rangka tindak lanjut pengembangan kopi robusta di Provinsi Sumatera Selatan, pada hari Kamis (20 Desember 2018) bertempat di Ruang Kepala Balai, dilakukan diskusi terkait evaluasi dan pelaporan untuk kegiatan tahun 2018 dan tindak lanjut tahun 2019. Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Seksi Perbenihan Dinas Perkebunan Sumsel Havizman, SP., M.Si beserta staf. Diterima langsung oleh Kepala Balittri Ir. Syafaruddin, Ph.D. didampingi tim peneliti kopi yaitu Ir. Enny Randriani, Dr. Meynarti SDI, M.Si, Nendyo AW, M.Biotech dan Ilham NA Wicaksono, M.Si.

Kabalai dalam awal sambutannya menyampaikan "welcome to Balittri" meskipun ini bukan kali pertama kedatangan mereka ke Balittri namun kehadiran rombongan ini tetap disambut dengan penuh kehangatan. Selanjutnya beliau berharap rintisan kerjasama yang baru dimulai tahun 2018 dapat berlanjut di masa mendatang sehingga mampu memberi solusi atas permasalahan perbenihan kopi robusta di Sumsel. Lebih lanjut beliau mengharapkan seluruh kegiatan harus dilakukan secara komprehensif sehingga output yang dihasilkan dapat dirasakan oleh semua pihak. Pelepasan varietas, pembangunan kebun entres sampai pendistribusian benih kopi ke tangan petani adalah target yang harus segera dicapai.



Dari pihak dinas menyampaikan bahwa kegiatan tahun 2018 merupakan langkah awal yang cukup bagus dimana klon robusta sudah mulai mengerucut untuk dilakukan pelepasan. Data karakterisasi dan produksi tahun pertama sudah diperoleh ditunjang dengan ragam genetik hasil analisis molekuler. Pelaksanaan uji adaptasi diharap sudah bisa dilakukan tahun depan sekaligus didesain sebagai kebun entres. Gong dari kegiatan ini adalah benih unggul kopi robusta dapat tersedia dan mudah diperoleh petani.


Selanjutnya tamu diajak berkeliling untuk lebih mengenal Balittri. Dimulai dari laboratorium terpadu untuk melihat aktivitas molekuler dan kultur jaringan. Kebetulan tahun ini juga ada kerjasama molekuler antara kedua belah pihak. Disbun Sumsel juga tertarik dengan perbanyakan kultur jaringan karena sesuai untuk kopi robusta dan ada wacana untuk bekerjasama ke depan dalam penyediaan benih secara massal. Tamu juga diajak melihat kebun induk kakao, kebun koleksi kopi robusta dan kebun perbenihan. Sambil berjalan, diskusi tetap berlangsung diselingi candaan yang membuat suasana segar. Havizman menyampaikan bahwa kunjungan hari ini sangat berguna, banyak hal yang ke depan bisa dikerjasamakan dan sudah mempunyai rencana yang matang untuk tindak lanjut tahun 2019.

 

Artikel terkait