Hilirisasi Inovasi : Beri Nilai Tambah untuk Kesejateraan Masyarakat

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Tenaga Ahli Menteri Pertanian Bidang Hilirisasi Produk Pertanian Dr. Ir Syarif Burhanuddin , M.Eng, IPU mengatakan saat ini yang menjadi tantangan pertanian ke depan bukan hanya persoalan produksi, tapi bagaimana memanfaatkan produk pertanian untuk memberikan nilai tambah yang dapat menyejahterakan masyarakat. Menurutnya, hilirisasi menjadi tulang punggung untuk peningkatan nilai tambah sektor pertanian, karena bukan hanya menghasilkan tetapi juga bagaimana mengolah komoditas pertanian sehingga lebih bermanfaat bagi masyarakat. “Petani adalah yang pertama menerima manfaatnya’, tegasnya.

Hal tersebut disampaikan dalam agenda kunjungan kerjanya ke Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) pada Kamis (15/9). Pada kesempatan tersebut, Dr. Syarif Burhanuddin , M.Eng, IPU didampingi langsung oleh Kepala Balittri, Dr. Tedy Dirhamsyah, S.P., M.A.B meninjau Kawasan Taman Sains Pertanian (TSP) Balittri yang menjadi kawasan terpadu pemanfaatan teknologi pertanian dari hulu hingga hilir. Setelah unit perbenihan kopi dan kakao, kunjungan dilanjutkan ke Laboratorium Lapang Bioenergi dan disambut oleh Ir. Dibyo Pranowo yang merupakan salah seorang inventor mesin reaktor biodiesel.

Di akhir kunjungannya Dr. Syarif Burhanuddin , M.Eng, IPU menyampaikan apresiasi akan berbagai pencapaian Balittri yang telah memberi jawaban akan permasalahan yang sedang dihadapi Indonesia saat ini, misalnya kebutuhan akan energi. Biodiesel B-100 yang telah dihasilkan oleh Balittri adalah solusi akan permasalahan tersebut. Untuk itu dibutuhkan regulasi yang mendukung pemanfaatannya secara luas di masyarakat, tegasnya.

Highlights

Pengunjung

We have 90 guests and no members online

Statistik

Articles View Hits
1111302

Kunjungan

Hari IniHari Ini896
KemarinKemarin703
Minggu IniMinggu Ini2667
Bulan IniBulan Ini2667
TotalTotal87962
IP Anda : 44.210.77.106

Hak Cipta © 2017 Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI)
Jalan Raya Pakuwon Km. 2 Parungkuda, Sukabumi, 43357 Jawa Barat Indonesia
Telp. +62-266-6542181 Fax. +62-266-6542087 e-mail: balittri@litbang.pertanian.go.id, balittri@gmail.com