BSIP Technical Support & Sharing Knowledge: Inisiasi Pengembangan dan Pengelolaan Teknologi Informasi Balittri Pasca Transformasi Kelembagaan

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Salah satu instrumen pertanian adalah teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang terstandar. Untuk itu, diperlukan pula infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), dan sistem yang terstandar. Dalam rangka memperkenalkan program pelatihan bertarget guna memenuhi kebutuhan TIK untuk mendukung transformasi kelembagaan, pada hari Jumat (21/10/2022) telah diadakan acara “Arahan dan Dukungan Teknis Pengelolaan Website Balittri (Kendala & Solusi) serta Sosialisasi Pengelolan Website Lingkup Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Pasca Transformasi”. Acara yang diikuti oleh pengelola informasi dan komunikasi lingkup Balittri tersebut menghadirkan narasumber dari Sub Bagian Data dan Informasi (DATIN) Sekretariat BSIP.

Dalam arahannya, Kepala Subbag DATIN Hendra Yuniar, S.Kom, M.Kom menyampaikan kebijakan pengelolaan TIK BSIP saat ini dan ke depannya. Beberapa hal tersebut antara lain, rencana pengembangan website BSIP, dan langkah strategis menyelesaikan kendala redeploy sistem informasi lingkup BSIP pada data center Kementerian Pertanian, serta workarounds sentralisasi pengelolaan website. Selain itu, kasub DATIN juga menyampaikan status pengembangan website BSIP yang ke depannya akan diimplementasikan ke setiap satuan kerja (Satker) lingkup BSIP.

Tak kalah pentingnya, tim dari subbag DATIN yang terdiri dari pengelola server, pengembang aplikasi, pengelola/pengembang webiste, dan pegiat media sosial BSIP memberikan insight Cyber Security pada aplikasi dan data center BSIP. Tip dan trik penganggulangan dan pencegahan serangan cyber pada berbagai platform dan infrakstruktur maupun dari sisi pengguna disampaikan oleh masing-masing IT support specialist yang pakar dibidangnya.

Dalam sesi akhir dilakukan diskusi dan sharing knowledge penulisan, copywriting, dan pengemasan konten ke berbagai media sosial. Best practice analysis, feedback, dan manajemen keamanan pada media sosial juga dibahas demi menjaga kredibilitas dan konsistensi institusi dalam melakukan penderasan informasi.

Acara ditutup oleh Sub Koordinator Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian Balai Penelitian Tanaman Industri, Indah Sulistyorini, SP., M.Si yang berharap acara ini dapat memberikan pencerahan dan mengasah kemampuan pengelola teknologi informasi dan komunikasi lingkup Balittri dalam memberikan dan menyajikan layanan informasi yang cepat, tepat guna, dan tepat sasaran kepada stakeholder maupun seluruh lapisan masyarakat Indonesia. (Arifa Chan)

Highlights

Pengunjung

We have 231 guests and no members online

Statistik

Articles View Hits
1148737

Kunjungan

Hari IniHari Ini226
KemarinKemarin424
Minggu IniMinggu Ini650
Bulan IniBulan Ini13847
TotalTotal112754
IP Anda : 3.237.29.69

Hak Cipta © 2017 Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI)
Jalan Raya Pakuwon Km. 2 Parungkuda, Sukabumi, 43357 Jawa Barat Indonesia
Telp. +62-266-6542181 Fax. +62-266-6542087 e-mail: balittri@litbang.pertanian.go.id, balittri@gmail.com