-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

satu-layanan
Lapor.go.id
Saber Pungli
SKM
WBS
Ejurnal
WBK
PPID
Kalender Tanam
Sigap UPG
perpus_digital
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 25 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 978972
Sinergi Balittri dan Swasta Wujudkan Kemitraaan Pertanian yang Berkelanjutan PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Jumat, 18 Januari 2019 07:30

Rabu (16/1), Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) menerima kunjungan berbagai perusahaan swasta yang tergabung dalam Partnership for Indonesia’s Sustainable Agriculture (PISAgro).  Sebanyak 11 orang yang terdiri dari berbagai perusahaan nasional dan internasional diterima langsung oleh Kepala Balittri Ir. Syafaruddin, Ph.D. serta didampingi oleh Kepala Seksi Yantek dan Jaslit Dr. Ir. Samsudin, M.Si.  Sebagai pembuka pimpinan PISAgro mengatakan perkebunan di Indonesia pada dasarnya sangat berpotensi secara industri, hanya saja hampir sebagian besar dikelola secara mandiri. Oleh karenanya, PISAgro menjalin kemitraan dengan para petani diantaranya dalam pengembangan komoditas kopi di Tanggamus, kakao di Luwu Raya, karet di Jambi, kedelai di Banyuwangi, kentang di Jawa dan Sumatera, serta sapi perah di Jawa Timur.



Program kemitraan juga sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas usaha petani rakyat dan juga kapasitas sumber daya manusia. Pimpinan perusahaan ini mempunyai keyakinan bila mereka semua tidak berusaha membantu petani supaya bertani secara berkelanjutan maka  tentu saja akan berdampak pada keberlangsungan bisnis perusahaan. Itulah mengapa PISAgro menginisiasi kunjungan ke Balittri tentu saja mempunya tujuan dalam upaya membantu petani. Agung Nugroho dari PT Kirana Megatara menyampaikan, untuk mendukung keberlanjutan petani terdapat empat aspek yang diperhatikan. Pertama, petani harus sejahtera dengan penghasilan yang bagus. Kedua, Peremajaan kebun sehingga produktivitasnya lebih meningkat. Ketiga, Memberikan pelatihan kepada petani, sehingga petani dapat menerapkan Teknik pertanian yang baik dan benar.  Dan yang keempat, penyediaan akses pasar sehingga petani lebih mudah menjual langsung hasil panennya.



Berdasarkan hasil diskusi maka didapatkan beberapa kesepakatan diantaranya  menghidupkan kembali kebun induk kakao di tiga lokasi yang berada di Sulawesi, bekerja sama dalam pengembangan karet di Lampung, dan bekerja sama dengan PT Nestle untuk memperoleh bibit kopi unggulan dalam rangka memenuhi kebutuhan replanting kebun petani di wilayah Tanggamus. Kepala Balittri menyambut baik maksud kunjungan ini. Disampaikannya bahwa sebelumnya Balittri juga selalu melakukan upaya peningkatan produktivitas pertanian melalui Bimtek yang dilakukan oleh peneliti-peneliti berkompeten. Sebelumnya dikesempatan yang sama, tamu kunjungan juga telah meninjau lokasi perbenihan kakao, karet, kopi di kebun percobaan milik Balittri. Selain itu mereka juga diajak melihat lokasi kebun entres kopi Robusta. Dengan adanya sinergi dengan swasta ini diharapakan dapat saling bersinergi dalam pembangunan pertanian kedepannya.


 

Artikel terkait