-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Saber Pungli
SKM
WBS
Ejurnal
WBK
PPID
Kalender Tanam
Sigap UPG
perpus_digital
TV-TANI
satu-layanan
Lapor.go.id

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 39 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 976917
AwWI : Destinasi Wisata Edukasi Berbasis Taman Sains Pertanian PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Jumat, 25 Januari 2019 07:44

Agrowidya Wisata Ilmiah (AwWI) yang berada di Jl. Raya Pakuwon, Sukabumi, kini telah menjadi pilihan utama tujuan wisata dan edukasi bagi sejumlah institusi pendidikan. Tidak hanya tingkat pendidikan tinggi, melainkan juga semua seperti SMA, SMP, SD, bahkan TK dan Paud. AwWI yang merupakan Kebun Percobaan (KP) milik Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) ini memiliki konsep Taman Sains Park (TSP), jadi sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi. Dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana yang lengkap, seperti lokasi pembenihan, lokasi kebun entres, lokasi pengolahan hasil perkebunan, rumah kaca, hingga sarana umum lainnya seperti musholla, kamar kecil, hingga saung tempat beristirahat.

Seperti kemarin, Kamis (24/1), sebanyak 50 siswa dari Yayasan Raudhatul Athfal (RA) Al-Basthoh, Kec. Cicurug, Sukabumi berkunjung ke AwWI milik Balittri. Bersama guru pendampingnya, mereka belajar langsung mengenal berbagai tanaman, khusunya tanaman perkebunan. Di sini mereka dikenalkan struktur tanaman kopi dan kakao yang berada di Kawasan AwWI.

Istilah Outing class dewasa ini semakin dikenal di dunia pendidikan. Outing class merupakan salah satu metode pembelajaran yang dilakukan di luar ruangan dengan tujuan mengajarkan siswa lebih dekat dengan alam. Pengembangan bahan ajar secara tematik yang berbasis pada pendekatan alam dan sains juga menjadi cara terbaik dalam proses belajar karena dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Keberadaan AwWI ini diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran yang memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan di Indonesia.

 

Artikel terkait