-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
Saber Pungli
Kalender Tanam
WBK
PPID
Lapor.go.id
perpus_digital
TV-TANI
satu-layanan
pui-balittri
Pakar Kopi
WBS
Sigap UPG
SKM

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 30 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1150432
Mengulik Sedikit Cerita Kegiatan Praktik Kerja Lapang di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh LIa Anggraini   
Rabu, 06 Februari 2019 09:34

Sebanyak 21 mahasiswa dari Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Unand), Sumatera Barat telah melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). Mereka terdiri dari sembilan orang Jurusan Agroteknologi, dan 12 orang Jurusan Proteksi tanaman. Kegiatan PKL ini telah berlangsung selama 40 hari, terhitung sejak tanggal 26 desember 2018.

Dwi Amalia Andini, salah satu peserta magang bercerita tentang pengalamannya mengikuti praktik kerja di Balittri. Dirinya menceritakan ada dua kegiatan yang diikuti, yakni kegiatan di kebun percobaan dan juga di laboratorium terpadu, tepatnya di laboratorium proteksi tanaman. Kegiatan yang dilakukan diantaranya melakukan pengamatan terhadap tanaman kopi arabika varietas Kartika 1 dengan sistem agroforestry. “Tanaman yang saya teliti adalah tanaman kopi arabika varietas Kartika 1. Saya juga melakukan pengamatan di lapangan yaitu menghitung jumlah cabang produktif, jumlah dompol per cabang, jumlah buah per dompol, berat per butir biji dan kulit kopi, panjang dan lebar per butir buah kopi, luas daun, dan kadar klorofil pada daun. Serta pengamatan lingkungan yaitu kelembaban udara, suhu udara, dan intensitas cahaya pada pagi, siang, dan sore hari selama satu minggu. Selain itu, kegiatan yang saya lakukan di laboratorium yakni mengamati fisiologi tanaman dengan mengetahui jumlah stomata pada daun”,ungkapnya.

Bersama teman yang lainnya mahasiswi semester 6 ini, didampingi oleh pembimbing yang berasal dari peneliti Balittri salah satunya Dewi Nur Rokhmah, S.P., M.Sc. “Di sini saya merasa mendapatkan pelajaran yang sangat banyak, mulai dari pengalaman kerja hingga pengalaman bersosialisasi dengan karyawan di Balittri. Saya sangat senang magang di Balittri karena saya merasakan keramahan orang-orang di kantor dan di lapangan serta pelayanan dan fasilitas yang bagus dan lengkap” tambahnya.

Kepala Balittri Ir. Syafaruddin, Ph.D. menyampaikan kegiatan praktik kerja lapang ini menjadi sebuah sinergi antara Balittri dengan lembaga pendidikan dalam memberikan pembekalan mengenai peningkatan kompetensi mahasiswa khususnya pada pendidikan pertanian. Selain itu juga diharapkan bisa menjadi pembelajaran bagi mereka saat menghadapi dunia kerja nantinya.

 

Artikel terkait