-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
pui-balittri
WBS
SKM
satu-layanan
PPID
WBK
Kalender Tanam
Sigap UPG
Ejurnal
Pakar Kopi
Saber Pungli
perpus_digital
Lapor.go.id

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 56 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1253515
Balittri, Kehangatan dan Kesejukan yang Harmonis PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Ida Komariah, Nursilan dan Mahardika Puspita   
Selasa, 12 Maret 2019 07:30

Untuk memenuhi permintaan pegawai negeri sipil tahun 2018 sebagai peneliti, teknisi litkayasa dan pranata komputer di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Kementan telah menyaring para pelamar yang dianggap kompeten di bidangnya. Tahapan seleksi dimulai dari kelengkapan administrasi hingga tes tahap akhir. Setelah tahapan daftar ulang selesai, tahap selanjutnya memasuki masa orientasi. Disini para CPNS dibekali berbagai hal agar siap baik mental maupun pola pikir untuk memasuki dunia kerja sebagai abdi masyarakat di bawah kesatuan Kementan. Setelah pembekalan di lingkup Kementan, para CPNS diserahkan ke eselon I masing-masing untuk menerima pengarahan yang lebih detail sehingga lebih siap untuk bekerja dan berkarya begitu tiba di unit satuan kerja nantinya.

15 Februari 2019, ketiga CPNS yang memenuhi kualifikasi sesuai permintaan dari Balittri, akhirnya bisa menginjakkan kaki dan melihat dengan langsung wujud dari kantor tempat akan mengabdi. Dan itu semua diluar ekspektasi karena jauh sebelumnya, info yang diterima, satker ini berada jauh dari pusat kota. Namun pada kenyataaannya yang dirasakan dengan seluruh indera, Balittri sangat asri dan gedungnya tak kalah megah dengan kantor – kantor di pusat pemerintahan. Fasilitas di dalamnya pun dikatakan lengkap dan memadai.

Tidak hanya lingkungannya yang terasa akrab akan tetapi ketika mulai memasuki  ruang kerja Balittri kami disambut dengan penuh hangat oleh keluarga besar Balittri. “Selamat datang dan selamat bergabung dengan Balittri” itu lah kata sambutan yang diucapkan oleh Mansurudin, S.E. selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha ketika menyambut kedatangan kami para CPNS.

Sejak hari itu, satu persatu dari kami mulai berkenalan dengan pegawai dan warga Balittri. Semuanya menyambut kami dengan sangat baik dan ramah, sangat serasi dengan lingkungan Balittri yang asri. Pimpinan dan para senior sangat baik dalam memberikan arahan dan bimbingan yang sangat membantu dalam proses adaptasi kami.

Minggu pertama di Balittri, ada dua momen penting yang kami hadapi berturut-turut. Kegiatan yang pertama adalah FGD (Focus Group Discussion) dengan tema biodisel B100 dan pengolahan lahan pasca tambang yang diisi oleh para narasumber kompeten dan juga Kepala Balitbangtan periode sebelumnya. Tepat hari berikutnya, satker kami ini dikunjungi oleh Menteri Pertanian RI. Suatu kebanggaan tersendiri bagi kami dapat melihat langsung Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman dalam kunjungannya ke Balittri. Dalam dua even penting ini kami sebagai CPNS langsung dilibatkan untuk mensukseskan acara tersebut. Keterlibatan kami selain mempercepat proses pengenalan dan adaptasi kami di lingkungan baru ini, juga memberikan kami motivasi agar bisa berkarya seperti para senior.

Kedepan kami berharap mampu memberikan yang terbaik dan berkontribusi untuk kemajuan Balittri pada khususnya agar menjadi PUI (Pusat Unggulan Iptek) di Indonesia bahkan dunia.  Kemajuan Kementan pada umumnya bersinergi dengan kemajuan pertanian Indonesia sehingga mampu memberikan kesejahteraan pada petani Indonesia. Moto Kementan “Petani Sejahtera Bangsa Berjaya” dapat segera terwujud.

Kami bangga menjadi bagian dari Balittri. Semoga kami bisa belajar di sini, berkarya dan menjadi ASN yang berguna bagi Bangsa dan Negara mengikuti jejak para senior.

 

Artikel terkait