-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
WBK
PPID
Lapor.go.id
perpus_digital
TV-TANI
satu-layanan
pui-balittri
Pakar Kopi
WBS
Sigap UPG
SKM
Ejurnal
Saber Pungli

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 51 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1150337
Giat dan Semarak RAT KPRI RATI di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Selasa, 05 Maret 2019 07:30

Koperasi KPRI RATI Balittri mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada Selasa (26/2). Ir. Syafaruddin, Ph.D. selaku Pembina KPRI RATI saat membuka acara RAT menyampaikan majunya koperasi bukan hanya ditentukan oleh pengurus saja, melainkan dari anggota. Sasaran utama koperasi adalah anggota, sehingga kontribusinya sangat diperlukan dalam perkembangan koperasi di Balittri. Diharapkan kedepannya jumlah anggota dapat bertambah, terutama dari staf-staf Balittri yang belum terdaftar sebagai anggota.

Ir. Saefudin selaku ketua pengurus KPRI RATI menyampaikan Laporan Pertanggung jawaban Pengurus 2018 serta rencana kerja pengurus tahun 2019. Ia menuturkan sejak awal didirikannya KPRI RATI hingga sekarang jumlah anggota KPRI RATI sudah mencapai 149 orang. Ia pun menambahkan, pengurus terus berupaya meningkatkan kesejahteraan anggota, serta menambah jenis usaha. “Kita harusnya bangga menjadi anggota sebuah lembaga dengan aset yang sangat banyak”, Ungkapnya. Berbagai jenis usaha yang telah dijalankan oleh KPRI RATI diantaranya unit niaga seperti pengadaan kebutuhan sembako, barang elektronik, meubelair, hingga kendaraan bermotor, kantin, unit simpan pinjam, dan unit usaha tani seperti pengadaan benih tanaman kopi, kakao, dan karet. Selama tahun 2018 ini, untuk meningkatkan kapasitas SDM bagi pengurus koperasi mengikuti berbagai pelatihan diantaranya Pengembangan usaha koperasi, Peningkatan koperasi berbasis IT, Pelatihan intermediasi dengan lembaga lingkungan yang diselenggarakan oleh dinas Koperasi Kabupaten Sukabumi dll.

Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah (DPKUKM) kabupaten Sukabumi yang diwakili oleh kepala bidang koperasi Asep Saepudin, S.H, M.Si. juga memberikan apresiasi kepada KPRI RATI yang telah konsisten menjalankan kewajibannya yakni melaksanakan RAT secara rutin setiap tahunnya. Menurutnya, RAT merupakan forum tertinggi dalam koperasi. Oleh karena itu, ia berpesan semoga ide dan gagasan dari anggota dapat ditampung oleh pengurus sebagai bagian dari  komunikasi yang sinergis untuk memajukan koperasi kedepannya. Kabid DPKUKM kabupaten Sukabumi ini juga menambahkan terdapat tiga unsur usaha koperasi yakni, perdagangan, jasa, dan simpan pinjam. Kami percaya, banyak bisa dikelola di KPRI RATI balittri, semoga kedepannya usaha niaga bisa lebih ditingkatkan. KPRI-RATI juga bisa dijadikan contoh bagi koperasi lain di Sukabumi dalam hal profesionalisme pengelolaan. Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi Bina Lembaga Koperasi DPUKM Kabupaten Sukabumi H. Iskandar Arifin juga menyampaikan sosialisasi Online Single Submission (OSS) sebagai perubahan regulasi berkaitan dengan perijinan dalam badan usaha baik perorangan atau badan usaha.

Semarak di akhir acara semakin terasa ketika pengumuman doorprize berlangsung. Pengurus telah menyiapkan sejumlah hadiah menarik mulai dari satu set sofa, Televisi 32 Inch, Buffet TV, Rak lerberg cantik, serta bingkisan lainnya menambah kemeriahan RAT kali ini.

 

Artikel terkait