-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Kalender Tanam
TV-TANI
WBK
Sigap UPG
pui-balittri
PPID
WBS
Lapor.go.id
SKM
Saber Pungli

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 34 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1197135
Bibit Muda Sekolah Vokasi IPB Perkaya Wawasan Perbenihan di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Jumat, 05 April 2019 07:30

Pesatnya kemajuan teknologi yang diiringi kompetisi di era perdagangan bebas saat ini, menjadikan pendidikan vokasi menjadi salah satu kunci untuk menjawab kebutuhan industri yang dibutuhkan. Oleh karenanya, semua perguruan tinggi yang memiliki sekolah vokasi tidak hanya menekankan pada teori kelas, melainkan juga memperbanyak penerapan praktik di lapangan. Mengingat tujuan utama tersebut menjadikan 61 orang mahasiswa sekolah vokasi IPB program studi Teknologi Industri Benih melakukan kunjungan lapang ke Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) pada hari Jumat (29/3). Perwakilan dari rombongan sekaligus dosen pembimbing Dr. Ir. Lilih Dahliani, M.M., M.Si., menyampaikan tujuan kunjungan ini agar mahasiswa dapat menambah wawasan seputar perbenihan perkebunan. “Kita berharap dengan kunjungan ini mahasiswa dapat melihat langsung kebun benih yang ada di Balittri dan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa, sehingga nanti pada saatnya mereka akan siap terjun dan terampil dalam menghadapi dunia kerja,”sambungnya.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Balittri, Ir. Syafaruddin Ph.D. Setelah penyampaian selayang pandang mengenai Balittri, dan juga pengenalan benih varietas unggul yang menjadi komoditas penelitian Balittri, selanjutnya rombongan meninjau lokasi perbenihan yang berada di kawasan kebun percobaan Pakuwon. Didampingi oleh peneliti Balittri Cici Tresniawati, S.P., M.Si. dan Sakiroh, S.P, M.Sc.

Selain meninaju lokasi perbenihan, mahasiwa juga dijelaskan cara perbanyakan tanaman melalui teknik stek berakar. Teknisi kebun percobaan Balittri pun memberikan praktek metode stek berakar secara langsung. Tingginya animo mahasiswa untuk dapat mencoba cara perbanyakan tanaman pun terlihat, satu persatu mereka belajar teknik stek berakar. Usai berkeliling di kebun perbenihan, rombongan melanjutkan meninjau proses pengolahan kopi dan kakao. Didampingi oleh peneliti Balittri  Ir. Juniaty Towaha, dan Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc., yang menjelaskan tahapan proses pengolahan kopi dan kakao mulai dari pemanenan hingga produk siap konsumsi.

Kunjungan ini tentu saja memberikan inspirasi bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian dan pengembangan benih varietas unggul. Kualitas benih varietas unggul pasti akan menghasilkan mutu komoditas yang baik pula.Selain itu, kebutuhan akan benih unggul sangat potensial untuk dijadikan peluang bisnis. Melalui inovasi teknologi diharapkan juga dapat mewujudkan kemandirian pangan demi kesejahteraan petani dan masyarakat kedepannya.

 

Artikel terkait