-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
Lapor.go.id
SKM
Saber Pungli
perpus_digital
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Kalender Tanam
TV-TANI
WBK
Sigap UPG
pui-balittri
PPID

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 27 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1197116
Dari Bekasi ke Sukabumi, Mencicipi sensasi Perkebunan Kopi PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Lia Anggraini   
Rabu, 10 April 2019 07:30

Kunjungan siswa SD Bani Saleh 5 Bekasi ke Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) disambut oleh Kasie Yantek Jaslit, Dr. Ir. Samsudin, M.Si yang mewakili Kepala Balai dikantor Balittri, pada hari Kamis, (4/4) kemarin. Sebanyak 39 siswa SD Bani Saleh beserta 15 guru pendamping diajak berkeliling melihat lokasi perkebunan kopi dan kakao di Kawasan Kebun Percobaan (KP) Pakuwon. Sudirno, M.PdI selaku Kepala Sekolah Bani Saleh 5 Bekasi menyampaikan tujuan kunjungan ini adalah sebagai salah satu pembelajaran bagi mereka mengenal mengenai tanaman perkebunan khususnya kopi dan kakao. “Selama ini yang diketahui oleh siswa adalah kopi instan bungkusan, sekarang bisa melihat langsung”, ungkapnya.

 

Ir. Juniaty Towaha, selaku Peneliti Ahli Utama Balittri didampingi oleh Sakiroh, S.P., M.Sc. berkesempatan memberikan penjelasan mengenai ragam varietas tanaman kopi dan kakao. Ridho, salah satu peserta kunjungan terlihat takjub melihat deretan tanaman kopi secara langsung. Siswa kelas 6 itu mengaku baru pertama kali melihat tanaman kopi. Sebuah sensasi tersendiri baginya bisa memetik buah kopi yang sudah masak. “Manis”, ucapnya saat mencicipi buah kopi yang ia petik sendiri. Perjalanan pun berlanjut ke perkebunan kakao. Disini mereka pun dikenalkan pada tanaman kakao. Menurut mereka, cokelat yang biasa dikonsumsi pasti buahnya juga berwarna cokelat. Ternyata apa yang mereka kira selama ini salah. Sekali lagi, untuk pertama kalinya mereka mengenal tanaman kakao. Melihat langsung beragam varietas unggul kakao yang ada di Kebun Percobaan Balittri adalah sebuah kegembiraan tersendiri bagi siswa Bani Saleh 5 Bekasi.

Naluri anak-anak adalah selalu ingin tahu. Berbagai pertanyaan juga diajukan. Mulai dari berapa banyak varietas tanaman kopi, bagaimana cara memupuknya, pupuk apa yang pakai dan lain sebagainya. Dengan sabar, para peneliti Balittri memberikan penjelasan kepada mereka. Seperti yang dilakukan peneliti Balittri Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc. ketika memberikan penjelasan mengenai proses pengolahan kopi dan kakao. Lagi-lagi, Siswa-siswa tersebut baru mengetahui cokelat yang dikonsumsi itu berasal dari biji buah kakao dengan proses pengolahan yang cukup panjang.

Tujuan dari kunjungan ini adalah dalam rangka Outing Class. Hal ini dimanfaatkan untuk memperkenalkan ragam varietas unggul tanaman perkebunan yang ada di Balittri. Meskipun terik, siswa sangat menikmati kunjungan ini. Menyusuri areal perkebunan kopi dan kakao, melihat proses pengolahannya, bahkan mencicipi cokelat secara langsung menghadirkan sensasi baru yang sangat berharga bagi Siswa Bani Saleh 5 Bekasi.

 

Artikel terkait