-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Kalender Tanam
TV-TANI
WBK
Sigap UPG
pui-balittri
PPID
WBS
Lapor.go.id
SKM
Saber Pungli

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 30 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1197120
Kunjungan Siswa SD IT Al-Barokah Cidahu PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Nursilan   
Rabu, 24 April 2019 07:30

Sukabumi, 11 April 2019 sebanyak 90 orang siswa SD IT Al-Barokah Cidahu kelas 4 dan 5 telah siap di lokasi Agrowidya Wisata Ilmiah (AwWI) pada pukul 9 pagi. Didampingi oleh 5 orang guru putra dan diangkut oleh 6 buah angkutan umum berwarna putih, para generasi muda bangsa ini siap untuk belajar mengenai tanaman kakao di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). Rombongan diterima oleh peneliti pascapanen Balittri Ir. Juniaty Towaha dan Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc. Kegiatan dimulai dengan penyambutan siswa oleh Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc. kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari dari Irman Ifan Fauzi sebagai guru kelas 4B yang mewakili SD IT Al-Barokah yang menjelaskan maksud kedatangan ke Balittri. Irman menjelaskan bahwa tujuan rombongan datang ke Balittri adalah untuk belajar mengenai tanaman yang ada di kebun koleksi Balittri terutama tanaman kakao.

Kegiatan dilanjutkan dengan pendahuluan dan pemaparan selayang pandang sejarah Balittri oleh Ir. Juniaty Towaha sebagai koordinator tim tuan rumah Balittri dengan logat khasnya. Beliau menjelaskan dengan bahasa yang sederhana sehingga bisa dipahami oleh anak-anak. Mereka mendapat pengetahuan mengenai tanaman karet sebagai tanaman industri dan tanaman penyegar yaitu tanaman kopi, kakao dan teh. Berbagai penjelasan ini mampu menarik perhatian anak-anak, terlihat beberapa diantaranya juga ikut mencatat di buku semua informasi yang didengarnya.

Kemudian penjelasan dilanjutkan oleh Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc. sebelum memulai penjelasannya, beliau memperkenalkan setiap personil dari tim Balittri. Kemudian mengajak rombongan untuk berkunjung mengelilingi sejumlah area kebun sambil mengenal pertanaman secara langsung yang ada di kebun koleksi Balittri. Penjelasan dimulai dengan menunjukkan berbagai jenis benih dan menjelaskan cara perbanyakan masing-masing . Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc. menjelaskan kopi Arabika diperbanyak dengan biji sedangkan kopi Robusta diperbanyak dengan stek berakar. Begitu tiba di hamparan kebun kopi, mereka tampak sangat antusias melihat buah kopi yang berwarna merah. Mereka senang begitu diizinkan untuk memetik buah kopi merah langsung dari pohon dan mencoba menyicipinya langsung untuk membandingkan rasa buah kopi dengan minuman kopi yang selama ini mereka nikmati.

Banyak tanaman yang ditunjukkan oleh Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc. sambil berjalan menyusuri kebun, beliau menjelaskan masing masing pohon yng ditanam di kebun dan manfaatnya. Kemudian rombongan sampai instalasi pengolahan cokelat yang merupakan bagian dari bioindustri kopi dan kakao. Disini, sembari rombongan beristirahat mereka juga mendapatkan penjelasan mengenai pengolahan kopi dan kakao. Banyak mesin yang ditunjukkan dan dijelaskan fungsinya. Pada akhir penjelasan dibagikan permen cokelat sebagai hasil akhir dari olahan kakao. Sebagai akhir sesi diberikan pertanyaan berhadiah cokelat bagi anak yang dapat menjawab. Sebanyak 3 pertanyaan dilontarkan dan 3 anak berhasil menjawab dan mendapat cokelat. Mereka senang sekali. Sebelum pulang, anak - anak berbaris untuk berbelanja produk khas olahan cokelat yang tersedia di etalase.

 

Artikel terkait