-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
satu-layanan
Ejurnal
Pakar Kopi
Kalender Tanam
TV-TANI
Lapor.go.id
pui-balittri
WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 46 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290538
Staf Pengajar Politani Pangkep Perluas Wawasan dan Asah Keterampilan Bidang Perkebunan di Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Mahardika dan Nursilan   
Senin, 06 Mei 2019 07:30

Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Politeknik Pangkep), Sulawesi Selatan kembali mengirimkan staff pengajarnya dalam rangka program Peningkatan Keterampilan Sumber Daya Manusia di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). Politeknik Pangkep merupakan salah satu Universitas yang rutin mengirimkan staffnya setiap tahun ke Balittri. Kegiatan transfer ilmu dan teknologi kali ini dilaksanakan pada tanggal 22 - 26 April 2019. Selama lima hari tersebut staff pengajar dari Politeknik Pangkep, Sitti Inderiaty, SP., M.Biotech, mengikuti kelas materi kemudian dilanjutkan dengan praktikum di laboratorium dan kegiatan di Kebun Percobaan (KP) Pakuwon, Sukabumi dan KP. Gunung Putri, Cipanas.

Materi hari pertama dan kedua membahas teknik perbanyakan melalui embriogenetik somatic pada tanaman kopi dan kakao yang disampaikan oleh peneliti bidang pemuliaan tanaman Balittri yaitu Dr. Meynarti Sari Dewi Ibrahim, SP., M.Si dan Dr. Nur Ajijah, SP., M.Si. Pada sesi yang dilaksanakan di ruangan pertemuan ini peserta memiliki kesempatan untuk berdiskusi secara langsung dengan pemateri. Tak lupa, jurnal hasil penelitian yang berkaitan dengan topik yang didiskusikan juga dibagikan sebagai bacaan pendukung.

Tak hanya materi di ruangan, praktek perbanyakan tanaman kopi dan kakao dengan embriogenetik somatic juga dikerjakan peserta didampingi oleh Indah Sulistiyorini, SP., M.Si. di Laboratorium Kultur Jaringan Balittri. Kemudian peserta dikenalkan dengan tanaman kopi yang telah ditanam serta produk olahan kopi dan kakao yang dihasilkan di KP. Pakuwon.

Hari terakhir transfer ilmu dan teknologi ini diisi dengan kegiatan field trip ke kebun kopi dan teh milik Balittri di KP. Gunung Putri, Cipanas. Dalam kegiatan ini peserta disambut oleh Ruskandi selaku kepala KP. Gunung Putri dan 3 orang staffnya yang mendampingi peserta berkeliling kebun kopi dan teh. Salah satu kopi yang menarik minat peserta adalah kopi unggulan yang ditanam di KP. Gunung Putri yaitu Kopi Sigarar Utang. 

 

Artikel terkait