-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
Pakar Kopi
Kalender Tanam
TV-TANI
Lapor.go.id
pui-balittri
WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK
perpus_digital
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 173 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290395
Field Trip RA. Miftahul Falah Cijulang, Bojong Genteng PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Nursilan   
Senin, 13 Mei 2019 07:30

Agrowidya Wisata Ilmiah (AwWI) merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) yang potensial untuk dijadikan salah satu destinasi wisata edukasi unggulan sehingga berfungsi sebagai sarana pembelajaran outing class siswa. Ini terbukti dengan banyaknya rombongan siswa yang berkunjung ke lokasi tersebut, diantaranya adalah siswa RA. Miftahul Falah Cijulang, Bojong Genteng. Kunjungan rombongan generasi penerus bangsa ini bertepat pada Kamis, 2 Mei 2019.

Rombongan yang terdiri dari 43 siswa dan didamping guru beserta para wali murid RA. Miftahul Falah Cijulang yang diketuai Siti Aisyah diterima oleh Setty Utami, A.Md mewakili Balittri sekaligus yang mendampingi pada saat kunjungan lapang. Ikut juga Mahardika Puspitasari, M.Si. calon peneliti Balittri yang bertugas menjelaskan tanaman apa saja yang ditemui para siswa, terutama kopi dan kakao sebagai komoditas utama penelitian di Balittri.

Tour dilanjutkan ke unit pengolahan cokelat yang merupakan bagian dari bioindustri kopi dan kakao. Di unit ini penjelasan mengenai tahapan pengolahan dipandu oleh Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc. yang memaparkan proses pembuatan kopi dan proses dari kakao sampai menjadi cokelat yang biasa mereka konsumsi, serta mendapat sedikit pengetahuan tentang manfaat cokelat bagi tubuh. Di akhir sesi bioindustri mereka berkesempatan mencicipi cokelat hasil olahan bioindustri Balittri dan berbelanja hasil olahan cokelat dan kopi.

Kemudian tour dilanjutkan dengan mengunjungi tempat pengelohan, penjemuran biji kopi, pembibitan kopi serta koleksi tanaman di AwWI selain kopi dan kakao. Pada penghujung tour ditutup dengan sesi foto dan makan bersama.

Diharapkan dengan melihat langsung pertanaman komoditas perkebunan pada saat kunjungan lapang ini, para siswa RA. Miftahul Falah Cilujang lebih mengenal tanaman perkebunan khususnya kakao dan kopi hingga menghasilkan produk yang siap dinikmati.

 

Artikel terkait