-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Kalender Tanam
TV-TANI
WBK
Sigap UPG
pui-balittri
PPID
WBS
Lapor.go.id
SKM
Saber Pungli

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 33 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1197139
Lingkungan Asri Keluarga Sehat dengan OPAL PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Arlia Dwi Hapsari   
Rabu, 19 Juni 2019 07:30

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) saat ini gencar melangsungkan program OPAL (Obor Pangan Lestari), yaitu penanaman tanaman pangan di lingkungan kantor. Salah satu tujuan OPAL adalah pemanfaatan lahan perkantoran dan sebagai percontohan bagi masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan atau lahan di halaman rumah, sebagai penyedia pangan untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi keluarga.

Berbagai tanaman pangan yang merupakan sumber karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, dapat tumbuh dengan baik di lingkungan sekitar rumah/kantor. Banyak tanaman sayuran yang cukup mudah pemeliharaannya, dan benihnya pun cukup mudah diperoleh, seperti tomat, cabai, seledri, labu siam dan kacang panjang.

Sayur-mayur yang dipetik sendiri memiliki keuntungan selain murah, tentu lebih sehat karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya, seperti pestisida. Merawat tanaman sayuran, juga dapat menjadi hobi atau kegiatan refreshing dari rutinitas sehari-hari. Melihat sayur atau buah yang hampir panen, menumbuhkan kesenangan tersendiri dan terkadang tidak sabar untuk dapat menikmati hasilnya.

Dalam rangka turut menyukseskan program OPAL, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) telah melakukan penanaman sayuran secara hidroponik. Beraneka sayuran yang ditanam antara lain, pokcoy, sawi, selada hijau, selada merah, kangkung, dan bayam. Penanaman sayuran hidroponik merupakan percontohan apabila lahan yang dimiliki terbatas. Dengan memanfaatkan ruang yang ada, penanaman sayuran menjadikan lingkungan lebih indah dan kebutuhan gizi keluarga terpenuhi.

 

Artikel terkait