-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

pui-balittri
SKM
Pakar Kopi
WBK
TV-TANI
satu-layanan
PPID
Saber Pungli
Kalender Tanam
WBS
Sigap UPG
Ejurnal
Lapor.go.id
perpus_digital

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 36 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1204061
Membangun Kebun Percobaan Cahaya Negeri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Samsudin   
Senin, 01 Juli 2019 09:15

Kebun Percobaan (KP) Cahaya Negeri yang berlokasi di Jalan Raya Kota Bumi – Bukit Kemuning KM. 32 Abung Barat, Lampung Utara, sangat strategis karena berada di jalan lintas tengah Sumatera. KP ini memiliki luas 30 hektar, terletak pada 04o lintang selatan dan 104o bujur timur dengan ketinggian 230 diatas permukaan laut, jenis tanah latosol dan podsolik merah kuning, tofografi tidak merata dengan curah hujan 2.000-3.000 mm pertahun dengan type iklim C2 (Oldeman).

Fungsi KP berdasarkan Panduan Umum Pengelolaan KP Lingkup Balitbangtan adalah lokasi untuk kegiatan penelitian (penciptaan varietas, budidaya, pengendalian hama dan penyakit, dan pasca panen), konservasi ex-situ  koleksi plasma nutfah, tempat produksi benih sumber, kebun produksi, dan sebagai lokasi untuk menampilkan hasil-hasil penelitian dalam bentuk visitor plot, show window, expose atau sebagai agrowidyawisata ilmiah (AWWI).

Sejak tahun 2018 lalu KP Cahaya Negeri sedang dipersiapkan untuk menjadi salah satu KP percontohan dalam mengembangkan komoditas perkebunan terutama kopi Robusta, lada, karet dan kakao. Melalui program pembangunan Taman Sain dan Teknologi Pertanian (TSTP) tahun 2018 telah dibangun infrastruktur yang terdiri dari: pagar kebun, sarana irigasi dan renovasi gedung kantor. Pada tahun 2019 ini ada 3 kegiatan utama yang dilakukan, yaitu:  membangun dan merenovasi sarana prasarana, revitalisasi kebun, dan melakukan bimbingan teknis (bimtek) teknologi perkebunan.

Beberapa teknologi komoditas yang sedang dan akan dibangun antara lain: teknologi produksi benih perkebunan (kopi, lada, kakao dan karet), percontohan system perkebunan terpadu ramah lingkungan dan percontohan pengolahan hasil perkebunan yang baik. Harapannya adalah KP Cahaya Negeri akan menjadi pusat penerapan dan percontohan inovasi teknologi komoditas kopi Robusta, lada, karet dan kakao.