-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Saber Pungli
Kalender Tanam
WBK
TV-TANI
PPID
Pakar Kopi
Lapor.go.id
WBS
satu-layanan
perpus_digital
Sigap UPG
SKM
pui-balittri
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Download

Online

Terdapat 49 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1151276
Bimbingan Teknis Pengembangan Komoditas Strategis Perkebunan PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Mahardika Puspitasari   
Senin, 22 Juli 2019 08:47

Dalam rangka meningkatkan pengembangan komoditas strategis perkebunan di tingkat daerah, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) membangun kerjasama dengan pemerintah daerah. Untuk itu, Puslitbangbun menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis sebagai tindak lanjut kerjasama ini. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 17-18 Juli 2019 di Balai Penelitian tanaman industri dan penyegar (Balittri), Sukabumi. Sekitar 15 peserta yang merupakan petani dan staff dari dinas perkebunan dan pertanian kabupaten berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Bogor, Garut, Cianjur, Banten, Sumatera Selatan, Tanjung Balai Karimun, Bangka Barat, Sulawesi Utara dan Buton diundang untuk mengikuti kegiatan ini. Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang KSPHP Puslitbangbun Ir. Jelfina C Alouw, M.Sc., PhD sebagai penanggungjawab kegiatan. Setelah dibuka dan dilakukan foto bersama, kegiatan pertama dimulai dengan pemberian materi.

Materi yang diberikan berupa pengembangan komoditas strategis perkebunan yang sudah dilakukan oleh Puslitbangbun antara lain kopi, kakao, lada, kelapa dan aren. Para peneliti ahli dari Balittri, Balitro dan Balit Palma membagikan pengalaman dan pengetahuan seputar varietas unggul, budidaya dan pengolahan pasca panen masing-masing komoditas. Sebanyak 5 orang peneliti utama serta peneliti madya membagikan pengalamannya dalam acara ini. Pemberi materi juga membagikan mengenai syarat syarat pendaftaran varietas, pembuatan  kebun induk dan success story petani di Indonesia. Dengan metode pemberian materi yang serius tapi santai, peserta dapat menerima setiap materi dengan baik. Peserta juga berkesempatan bertanya seputar materi yang diberikan. Selain komoditas strategis tersebut di atas, dalam acara ini juga diperkenalkan tentang  B100 oleh peneliti dari Balittri.

Pada hari kedua, peserta mengunjungi kawasan Agrowidya Wisata Ilmiah (AwWI) yang terletak tidak jauh dari kantor Balittri. Di dalam kawasan ini, peserta melihat langsung proses perbanyakan benih kopi dan kakao, pengolahan pasca panen kopi dan kakao serta pengolahan B100. Peserta mengikuti kegiatan ini dengan semangat. Tak hanya berswafoto, peserta juga aktif mengajukan pertanyaan seputar perbenihan dan pengolahan pascapanen kopi dan kakao kepada pendamping yang ada di setiap lokasi kunjungan. Kegiatan diakhiri dengan diskusi dan penutupan yang dipimpin oleh Dr. Saefudin SP. M.Si. Semoga setelah kegiatan ini, peserta memperoleh inspirasi dan semangat untuk dapat membudidayakan komoditas unggulan di daerah masing masing (Dk).

 

Artikel terkait