-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Saber Pungli
Kalender Tanam
WBK
TV-TANI
PPID
Pakar Kopi
Lapor.go.id
WBS
satu-layanan
perpus_digital
Sigap UPG
SKM
pui-balittri
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 32 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1151318
Supervisi Pertama PUI Bioindustri Perkebunan Balittri PDF Cetak E-mail
Berita Internal
Oleh Intan Nurhayati   
Rabu, 31 Juli 2019 08:08

Semenjak menjadi salah satu Pusat Unggulan Inovasi (PUI) Bioindustri Perkebunan oleh Kemenristekdikti, Balittri terus melakukan percepatan sebagai bentuk rasa syukur dan komitmen atas amanah dan penghargaan yang telah diraih.  Tidak hanya melakukan perbaikan di dalam organisasi tetapi juga memperluas jejaring ke luar, baik dalam bentuk sinergi penelitian dengan PUI atau lembaga penelitian lain, tetapi juga berkolaborasi dengan pihak swasta untuk alih teknologi menjadi komersial.

Tanpa terasa, satu semester telah terlewati dan Balittri mendapat visitasi supervisi dari tim evaluator dan Sekretariat PUI pada hari Kamis, 25 Juli 2019.  Tim evaluator terdiri dari Prof. Dr. Bambang Prastowo dan Dr. Haryono, sementara dari PUI diwakili oleh Aswin Firmansyah, ST.,ME. Segenap karyawan dan karyawati turut hadir dalam acara tersebut.

Acara diawali oleh sambutan Kepala Puslitbang Perkebunan, Ir. Syafaruddin, Ph.D.  dan dilanjutkan oleh paparan pencapaian semester pertama  PUI yang disampaikan oleh Dr. Nur Ajijah sebagai Koordinator PUI.  Nur Ajijah menyampaikan pencapaian-pencapaian yang telah diraih, baik dari segi kelembagaan (Source Absorbing Capacity), sinergi riset (Research and Development Capacity), maupun diseminasi (Dissemination Capacity).    Telah banyak target yang tercapai namun juga masih ada kendala yang dihadapi untuk beberapa target tertentu.

Dr. Haryono menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pencapaian Balittri, salah satunya yaitu B100 yang merupakan sebuah prestasi yang cukup fenomenal dan sejalan dengan outcome yang diharapkan dari sebuah PUI, yaitu” menghasilkan produk yang dikenal dalam skala nasional dan  memiliki economy benefit dan social impact yang tinggi”.

Selain itu acara pun diselingi dengan diskusi antara peneliti dengan tim evaluator,  baik mengenai kendala yang dihadapi maupun strategi-strategi yang bisa diadopsi untuk perbaikan ke depannya.  Di akhir acara, tim supervisi mengunjungi Agro Widyawisata Ilmiah Balittri dan unit pengolahan B100.