-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
satu-layanan
Ejurnal
Pakar Kopi
Kalender Tanam
TV-TANI
Lapor.go.id
pui-balittri
WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 45 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290537
Penilaian dan Penetapan Kebun Sumber Benih Kemiri Sayur di Aceh PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Cici Tresniawati   
Senin, 16 September 2019 07:30

Tanaman kemiri menghasilkan biji kemiri dengan kandungan minyak yang cukup tinggi, yaitu 50-60% dari berat biji. Tanaman kemiri mempunyai banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai campuran rempah-rempah, bahan kosmetika, obat-obatan, bumbu masak, bahan campuran pernis, bahan penerangan, sabun, tinta cetak, dan pewarna batik. Batang tanaman kemiri dapat digunakan untuk membuat batang korek api, sedangkan kayunya digunakan untuk membuat perabot, pulp dan kertas. Untuk memenuhi permintaan akan kernel atau biji kemiri sebagai bahan baku, diperlukan benih sebagai bahan tanam dalam jumlah besar. Kebutuhan akan benih dapat dipenuhi dari pohon induk terpilih yang telah melalui Penilai dan Penetapan Kebun Sumber Benih dengan menetapkan pohon induk terpilih (PIT).  Tanggal 10-14 September 2019 Cici Tresniawati, SP., M.Si bersama Umi Fadlillah, SP., M.Si (PBT Direktorat Jendral Perkebunan),  Ardi, S.P, dan Iswani, S.P (PBT UPTD BPSB-TPHP Pemerintah Aceh) melakukan Penilaian dan Penetapan Kebun Sumber Benih komoditas Kemiri Sayur (Aleurites moluccana Willd) di dua lokasi yaitu Kabupaten Pidie dan Kabupaten Gayo Lues.

Lokasi pertama adalah kebun milik Asnawi dan Risawuddin di Desa Simpang Beutong, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Aceh, pada ketinggian tempat 0-34 mdpl. Pada lahan seluas 3.5 Ha terdapat 100 pohon kemiri sayur. Berdasarkan observasi lebar kanopi tanaman, tinggi tanaman, tinggi cabang pertama, jumlah cabang produktif dan jumlah buah pada tanaman sampel dapat dipilih 60 pohon produktif yang dijadikan pohon induk terpilih (PIT) (Gambar 1) dengan potensi biji (benih ) sebanyak 140.742 butir. Bobot 100 butir biji kemiri sebesar 874.91 gr, dengan bobot per butir biji kemiri antara 7.5 – 10.7 gr.

Lokasi kedua adalah kebun milik Ramadan di Desa Terlis, Kecamatan Terangun, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, pada ketinggian 587.8 - 660 m dpl. Pada lahan seluas 3.85 Ha terdapat 385 pohon kemiri sayur. Berdasarkan observasi lebar kanopi tanaman, tinggi tanaman, tinggi cabang pertama, jumlah cabang produktif dan jumlah buah pada tanaman sampel dapat dipilih 200 pohon produktif (Gambar 2) yang dijadikan pohon induk terpilih (PIT) dengan potensi biji (benih) sebanyak 1.160.247 butir. Bobot 100 butir biji kemiri sebesar 1,169 kg, dengan bobot per butir biji kemiri antara 9.52 – 13.32 gr. Kemiri dari Gayo Luwes termasuk kemiri yang berbiji besar. Dengan ditetapkan pohon induk terpilih di Pidie dan Gayo Lues, kebutuhan akan benih kemiri sayur khususnya untuk daerah pengembangan Aceh khusunya dan  wilayah sumatera secara umum telah tersedia.

 

Artikel terkait