-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
Pakar Kopi
Kalender Tanam
TV-TANI
Lapor.go.id
pui-balittri
WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK
perpus_digital
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 176 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290411
FGD Hari Kakao Indonesia 2019 : Penguatan Hilirisasi Industri Pengolahan Kakao Nasional PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Eko Heri Purwanto   
Rabu, 18 September 2019 07:30

Dalam rangka perayaan Hari Kakao Indonesia 2019 dan upaya stakeholder industri pengolahan kakao nasional untuk meningkatkan konsumsi kakao di dalam negeri, maka diversifikasi produk dan penciptaan produk cokelat yang mempunyai nilai tambah tinggi perlu ditingkatkan. Sehubungan dengan hal tersebut, Asosiasi Kakao Indonesia (Askindo) yang bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) “Penguatan Hilirisasi Industri Pengolahan Kakao Nasional”. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 17 September 2019 di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Hadir sebagai narasumber FGD yaitu Ari Nauvel Iskandar dari Askindo, Wilson dari Krakakoa, Ariza Budi TS dari Puslitkoka dan Hendrayekti dari BPPI. Beberapa permasalahan yang menjadi topik diskusi adalah tentang keberlanjutan industri kakao Indonesia, penguatan hilirisasi produk kakao, memaksimalkan kapasitas industri kakao terpasang, peran penelitian dan penguatan sektor hulu kakao. Perlu adanya integrasi roadmap kakao dari sektor hulu sampai hilir yang disusun oleh pemerintah, lembaga penelitian dan semua stakeholder industri kakao nasional untuk mendukung keberlanjutan kakao Indonesia.

Selain acara FGD, dilaksanakan pula Pameran Produk Kakao dan Cokelat Tahun 2019 dengan tema “Cokelatku, Budayaku, Indonesiaku” dengan sub tema “Bangga Cokelat Indonesia” sebagai promosi produk olahan kakao dan cokelat Indonesia dalam rangka meningkatkan konsumsi dalam negeri. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang sebelumnya membuka rangkaian kegiatan peringatan hari kakao Indonesia 2019 ini mengunjungi booth pameran dan mengapresiasi para pelaku Industri kakao di tanah air.

 

Artikel terkait