-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Kalender Tanam
TV-TANI
WBK
Sigap UPG
pui-balittri
PPID
WBS
Lapor.go.id
SKM
Saber Pungli

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 31 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1197150
Penyerbukan Buatan Mendukung Perbanyakan Buah Kakao di Luar Musim pada Lokasi Galtek HPS di Konawe Selatan Sulawesi Tenggara PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Bariot Hafif   
Jumat, 20 September 2019 07:30

Pada Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 tahun 2019 yang direncanakan berlangsung pada tanggal 2 – 5 November 2019, tanaman kakao dipilih sebagai fokus utama komoditas dalam gelar teknologi (Galtek) usahatani di Pudambu Kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara. Peneliti Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) sebagai salah satu anggota Tim Penja Gelar Teknologi Usahatani Kakao, membantu dalam pendampingan teknologi. Berhubung HPS akan dilaksanakan diluar musim panen raya, maka penyerbukan buatan untuk memperbanyak buah menjadi salah satu pilihan teknologi yang didampingi peneliti dan teknisi Balittri.

Pendampingan penyerbukan buatan memperlihatkan hasil yang cukup signifikan. Dua bulan setelah dilakukan penyerbukan buatan, buah-buah hasil penyerbukan yang hanya dilakukan oleh 1 orang teknisi Januar Firmansyah selama 1 bulan, terlihat cukup baik dengan panjang antara 5 – 7 cm (Gambar) dan berkontribusi terhadap total buah kakao ± 10%. Dapat dilaporkan bahwa dalam memacu pembuahan kakao diluar musim tersebut, juga didukung dengan teknologi budidaya lainnya sehingga buah dikondisikan siap untuk panen raya pada hari puncak HPS. Penyerbukan buatan akan lebih berkontribusi terhadap perbanyakan buah kakao bila dilaksanakan oleh banyak ahli, sehingga areal garapan lebih luas. Karenanya petani kakao juga telah diberi petunjuk bagaimana melakukan penyerbukan buatan.

 

Artikel terkait