-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
Lapor.go.id
SKM
Saber Pungli
perpus_digital
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Kalender Tanam
TV-TANI
WBK
Sigap UPG
pui-balittri
PPID

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 32 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1197032
Koordinasi Monev PUI dan Silaturahmi Nasional Lembaga Litbang Penelitian 2019 PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Rita Harni dan Intan Nurhayati   
Rabu, 02 Oktober 2019 07:30

Tak terasa, keterlibatan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) menuju Pusat Unggulan Iptek (PUI) sudah hampir menginjak satu tahun dan akan segera diaudit kinerja pencapaiannya selama ini. Untuk itu, Balittri menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Monitoring-Evaluasi PUI Tahun 2019 yang berkelanjutan dengan acara Silaturahmi Nasional Lembaga Litbang Indonesia Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh  Kementerian Riset, Teknologi , dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) sebagai lembaga penaung PUI, bertempat di Auditorium Gedung D Kemenristek Dikti, Jakarta (1/10/2019).  Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari 137 lembaga PUI seluruh Indonesia.

Acara diawali dengan Laporan Persiapan Pelaksaan Agenda yang disampaikan oleh Kasubdit Lemlitbang Pemerintah Pusat, Lelya Nirsa, S.Sos., M.Hum dan dilanjutkan dengan pemaparan dari Tim Sekretariat PUI mengenai hal-hal pokok dalam kegiatan Monitoring-Evaluasi PUI Tahun 2019 yang akan dilaksanakan sekitar Oktober-November 2019.

Kegiatan Pengembangan PUI diarahkan untuk penguatan lembaga litbang sebagai salah satu komponen penguatan sistem inovasi nasional. Sampai dengan Tahun 2019 program PUI terus diperluas dan dikembangkan agar lembaga litbang mampu menghasilkan produk iptek maupun produk inovasi yang berbasis demand/market driven dalam rangka mendukung peningkatan daya saing pengguna teknologi (dunia usaha, industri kecil dan menengah, pemerintah, dan masyarakat). Koordinasi Persiapan Monev PUI dan Silaturahmi Nasional Lembaga Litbang Indonesia Tahun 2019 yang dimaksudkan untuk memperkuat sinergi dan koordinasi antara lembaga litbang dengan lembaga litbang lainnya serta instansi pendukung litbang.

Dalam acara Silaturahmi Nasional Lembaga Litbang Indonesia, Dr. Ir. Patdono Suwignyo, M.Sc. menyampaikan laporan Pelaksanaan Penguatan Kelembagaan Lembaga Litbang Unggul Tahun 2015-2019. Selanjutnya Menristek Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D, Ak.  menyampaikan arahannya. Menristekdikti menegaskan bahwa penguatan kelembagaan iptek merupakan langkah penting dalam penguatan sistem inovasi nasional agar lembaga iptek dapat berkinerja tinggi dengan menghasilkan inovasi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas adopsi pengguna teknologi (masyarakat, industri, dan pemerintah) dengan menjunjung tinggi kejujuran dan integritas sesuai dengan etika penelitian. Bila sebelumnya penelitian lebih banyak hanya untuk publikasi, memenuhi angka kredit dan untuk kenaikan fungsional peneliti atau menjadi guru besar, maka saat ini harus lebih dari itu. Diharapkan  tumbuhnya inovasi dan teknologi yang disertai dengan pemanfaatan oleh pengguna, juga berkontribusi  terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satu upaya Kemenristek Dikti untuk memperkuat kelembagaan iptek adalah melalui pengembangan PUI.

Pada acara yang sama, tampil pula perwakilan dari lembaga PUI yang menyampaikan testimoni berbagai kemajuan yang dirasakan lembaga PUI maupun penerima manfaat dari lembaga PUI. Acara ditutup dengan foto bersama dan kunjungan ke pameran produk  hasil inovasi lembaga PUI.

 

Artikel terkait