-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
WBK
TV-TANI
Saber Pungli
Sigap UPG
Lapor.go.id
Ejurnal
pui-balittri
SKM
perpus_digital
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 25 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1253884
Kepala Biro Humas dan Informasi Publik : Komitmen Pimpinan Adalah Kata Kunci PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Lia Anggraini   
Kamis, 03 Oktober 2019 07:30

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan sosialnya. Serta merupakan bagian penting dari Ketahanan Nasional. Hak memperoleh informasi adalah Hak Asasi Manusia (HAM). Keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri dari Negara Demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat demi mewujudkan penyelenggaraan yang baik.

Kementerian Pertanian (Kementan) juga merupakan salah satu badan publik yang memiliki tanggung jawab menyelenggarakan keterbukaan informasi berdasarkan dengan Undang Undang KIP No. 14 Tahun 2008. Maka untuk mengupayakan implementasi amanat Undang Undang tersebut, Bertempat di The Margo Hotel, Depok diselenggarakan Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Lingkup Kementan Tahun 2019 pada Selasa (01/10). Acara ini juga dihadiri oleh wakil ketua komisionel Komisi Informasi Publik, Hendra J. Kede.

Acara yang bertajuk Penguatan Pengelolaan Layanan Informasi publik Selangkah Menjadi Badan Publik Informatif dihadiri sebanyak 460 peserta yang merupakan pejabat PPID baik di tingkat eselon 1 maupun di tingkat UK/UPT lingkup Kementan. PPID Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) juga turut serta pada Rapat Koordinasi (Rakor) tersebut.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Ardi menyampaikan Kementan telah melakukan beberapa inovasi guna meningkatkan level keterbukaan informasi. Masalah utama yang ditemukan adalah standarisasi pada UK/UPT yang sudah memberikan pelayanan informasi. "Di tahun 2019 ini kami berusaha memetakan mana unit kerja yang memiliki kinerja baik dalam pengelolaan informasi publik, dan unit kerja yang dirasa masih kurang pelayanan informasinya memerlukan perhatian dari kami", ungkapnya. Ia juga menambahkan bahwa Komitmen Pimpinan merupakan kata kunci dari peningkatan keterbukaan Informasi. "Tahun 2019 ini, komitmen dari seluruh Pimpinan Eselon 1 Lingkup Kementan dirasa cukup luar biasa, dengan penandatanganan komitmen untuk memberikan pelayan informasi yang lebih baik", tegasnya.

Melalui diselenggrakannya rapat koordinasi ini diharapkan menjadi sarana koordinasi dan sosialissasi internal UK/UPT mengenai keterbukaan informasi terutama pada pengelolaan dokumen dan pemanfaatan aplikasi portal PPID. Sehingga tercapainya Pengelolaan dan Penyampaian informasi yang lebih proaktif mengenai lembaga dan segala aktivitasnya kepada publik yang berkepentingan.

 

Artikel terkait