-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

satu-layanan
WBS
WBK
TV-TANI
Saber Pungli
Sigap UPG
Lapor.go.id
Ejurnal
pui-balittri
SKM
perpus_digital
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Download

Online

Terdapat 35 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1254140
Teh Pagilaran Siap Bersaing jadi Primadona Baru PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Tajul Iflah   
Minggu, 20 Oktober 2019 07:30

Sebagai salah satu institusi riset yang memiliki tugas pokok dan fungsi untuk menghasilkan sejumlah teknologi dan produk inovasi, diantaranya adalah melepas varietas unggul baru (VUB). Sejumlah VUB telah berhasil dilepas oleh para tim peneliti Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) pada tahun-tahun sebelumnya. Bertepat di Novotel Solo pada tanggal 16-18 Oktober 2019, Balittri mengusulkan 9 klon teh agar layak dilepas sebagai varietas unggul teh.

Kesembilan calon varietas unggul teh ini merupakan hasil seleksi kerjasama antara Balittri, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) dan juga PT. Pagilaran. Pemaparan keunggulan dari kesembilan varietas teh yang diusulkan dilakukan oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Kapuslitbangbun) Ir. Syafaruddin, Ph.D yang juga ketua tim kegiatan penelitian teh yang telah dimulai semenjak tahun 2016.

Pada sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan ini hadir juga Dekan Fakultas Pertanian Dr. Jamhari, S.P., M.P., Kepala Kebun PT. Pagilaran Eka Tarwaca Susila, S.P., M.P., Ph.D beserta staf PT. Pagilaran yang memiliki keahlian dalam berbagai hal diantaranya menyeduh teh. Hasil seduhan teh tersebut disajikan oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Pertanian UGM Dr. Rudi Hari Murti, S.P., M.P, kepada para evaluator sesaat sebelum pemaparan keunggulan VUB teh. Aroma dan citarasa teh calon VUB ini pun langsung mencuri hati para evaluator. Hal ini terbukti dengan testimoni yang diberikan oleh para evaluator pada saat sesi diskusi.

Pada saat diskusi dan tanya jawab berlangsung, kekompakan tim peneliti teh sangat menonjol. Terutama pada saat evaluator menanyakan beberapa hal terkait ketahanan terhadap hama dan penyakit, analisa molekuler, kesesuaian agroekologi dan hal lainnya. Semua anggota tim yang hadir memberikan kontribusi dalam menjawab sejumlah pertanyaan evaluator. Di akhir sesi, evaluator pun meminta tim agar dapat menyiapkan matriks keunggulan kesembilan calon VUB sehingga layak untuk dilepas. Matriks keunggulan ini langsung disiapkan oleh tim sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan para evaluator dalam mengambil keputusan.

Keputusan hasil sidang pelepasan varietas dilakukan pada dini hari Jumat, 18 Oktober 2019 yang menyatakan 7 dari 9 varietas  unggul teh seri PGL yang diusulkan sebagai teh varietas unggul baru. 7 VUB tersebut adalah: PGL1, PGL3, PGL4, PGL10, PGL11, PGL12, PGL15. Keberhasilan ini berkat kerjasama tim yang solid Puslitbang Perkebunan (Balittri), Fakultas Pertanian UGM dan PT. Pagilaran. Semoga 7 teh VUB ini dapat memberikan banyak manfaat.

 

Artikel terkait