-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBS
WBK
TV-TANI
Saber Pungli
Sigap UPG
Lapor.go.id
Ejurnal
pui-balittri
SKM
perpus_digital
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 85 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1253946
Pelatihan Pembentukan untuk Calon Peneliti PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Mahardika Puspitasari   
Kamis, 24 Oktober 2019 14:17

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementrian Pertanian Republik Indonesia mengirimkan calon penelitinya untuk mengikuti Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Peneliti (PPJFP) di Kampus Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Cibinong. Kegiatan ini diikuti oleh 86 calon peneliti dari beberapa unit kerja di lingkungan Balitbangtan dalam rangka memenuhi salah satu persyaratan dalam jabatan Peneliti Ahli Pertama menurut Peraturan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 14 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Peneliti. Penyelenggaraan pelatihan ini dibagi dalam 4 gelombang yang dilaksanakan sejak tanggal 30 September sampai dengan 15 November 2019. Setiap gelombang berlangsung selama 2 minggu kegiatan di dalam kelas diikuti oleh 27 peserta.

Satu orang calon peneliti di Balittri juga mendapat panggilan untuk mengikuti diklat ini pada gelombang ketiga yaitu tanggal 6 – 18 Oktober 2019. Bersama dengan calon peneliti dari balai lainnya, calon peneliti balittri bersemangat mengikuti kegiatan. Materi yang padat tidak mengurangi kualitas penyampaian oleh fasilitator ahli dari LIPI. Para peserta berkesempatan mendapat banyak informasi dari para professor dan pakar di bidangnya tentang penulisan ilmiah. Tak hanya materi dalam bidang penulisan ilmiah, peserta juga dibekali dengan materi bina karir sebagai peneliti di kementrian pertanian sehingga peserta memahami output yang perlu dicapai setelah menjabat sebagai peneliti.

Dalam pelatihan ini, peserta dibekali dengan materi utama yang berisi tentang teknik penulisan proposal, analisis data, penulisan ilmiah dan tools review, teknik presentasi ilmiah, tim efektif, research integrity, pengembangan karir ASN/PNS peneliti, kekayaan intelektual serta jurnal ilmiah dan manajemen referensi. Selain itu, dalam pelatihan ini peserta juga melalui tahapan uji kompetensi yang terdiri dari tahapan bimbingan penulisan proposal penelitian secara tatap muka dan online serta presentasi dan wawancara substantive proposal penelitian. Dalam tahapan bimbingan penulisan proposal, peserta yang sebagian besar telah memiliki proposal penelitian berkesempatan mengkonsultasikan ide penelitiannya dengan pembimbing dari LIPI. Pembimbing yang merupakan peneliti ahli dan professor dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam ini memberikan arahan dan masukan dalam penyusunan proposal penelitian.

Kegiatan diklat gelombang 3 dibuka oleh Tri Budi Setyaningsih Kepala Bagian Tata Usaha dan ditutup oleh Ragil Yoga Edi Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Pusbindiklat LIPI. Pada akhir kegiatan, dalam upacara penutupan peserta menerima sertifikat diklat dan surat pengembalian peserta dari LIPI kepada unit kerja yang dilampiri dengan nilai hasil uji kompetensi serta rekomendasi untuk menjadi peneliti ahli pertama. “Pelatihan ini sangat bermanfaat dalam mempersiapkan kami para calon peneliti untuk bekerja dengan peraturan dan sistem yang baru. Kami dipersiapkan untuk membuat proposal bermutu yang dapat bersaing dengan peneliti lain serta didorong untuk berkolaborasi antar lembaga. Dua minggu yang sangat berharga.” Kata Mahardika, calon peneliti Balittri (Dk).

 

Artikel terkait