Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Pakar Kopi
perpus_digital
PPID
SKM
LPSE
Saber Pungli
Ejurnal
WBK
Kalender Tanam
TV-TANI
Sigap UPG
WBS
Lapor.go.id
pui-balittri
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 29 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1592494
Industrial Visit TIN UNPAD ke TSP Balittri PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Lia Anggraini   
Selasa, 29 Oktober 2019 07:30

Senin 28/10, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) menerima kunjungan mahasiswa Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIN), Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP), Universitas Padjajaran (Unpad). Dr. Efri Mardawati, S.TP., M.T. selaku Dosen FTIP Unpad menjelaskan bahwa maksud dari kunjungan ini adalah sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa untuk mengetahui lebih detail mengenai  hasil penelitian, teknologi, dari tanaman perkebunan, khususnya tanaman industri dan penyegar, berikut diseminasinya.

Bertempat di Kawasan Taman Science Pertanian (TSP), sebanyak kurang lebih 200 mahasiswa berkeliling melihat perbenihan kopi dan kakao. Selain melihat perbenihan kakao, kopi dan kebun entres kopi Robusta, peserta juga diajak melihat unit penyulingan minyak atsiri khususnya untuk tanaman sereh wangi. Didampingi oleh beberapa peneliti Balittri seperti Eko Heri Purwanto, S.TP, M. Sc., Nendyo Adhi Wibowo, M.Biotech., Cici Tresniawati, S.P, M.Si., Asif Aunillah, S.TP., M.Sc, mereka berdiskusi langsung mengenai proses teknologi pascapanen tanaman perkebunan. Tak sedikit dari mahasiswa ini tertarik untuk mendalaminya.

Rifky merupakan salah satu perwakilan mahasiswa menyampaikan betapa terkesannya bisa mengunjungi Balittri, khususnya TSP ini. Mulanya ia mengira yang akan dikunjungi hanyalah kebun biasa saja. "Setelah mengelilingi TSP ini, ternyata cukup menyenangkan. Karena semua ada mulai dari hulu hingga hilir" ungkapnya. ”Saya gak kerasa capek, walau mengelilingi kebun seluas ini, sangat menyenangkan dan memberikan wawasan baru mengenai teknologi industri khususnya pada tanaman perkebuan” sambungnya. Tepat pada momentum sumpah pemuda, kunjungan ini menjadi sebuah harapan bahwa generasi muda siap majukan industri pertanian dari semua sektor, Semoga..

 

Artikel terkait