Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Lapor.go.id
pui-balittri
satu-layanan
Pakar Kopi
perpus_digital
PPID
SKM
LPSE
Saber Pungli
Ejurnal
WBK
Kalender Tanam
TV-TANI
Sigap UPG
WBS

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 21 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1592249
Balittri Siapkan Peneliti dalam Training Workshop on Big Data 101 for Agricultural Research PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nendyo Adhi Wibowo   
Jumat, 01 November 2019 07:30

Dalam rangka menjawab kebutuhan dan peluang peningkatan kapasitas data sektor pertanian di Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian (Kementan) bekerjasama dengan mitra pelatihan dari International Center for Tropical Agriculture (CIAT) dan Pulse Lab Jakarta (PLJ) dibawah United Nations Development Programme (UNDP) menyelenggarakan “Training Workshop on Big Data 101 for Agricultural Research” di Bogor (30-31 Oktober 2019). Acara yang diikuti oleh sekitar 50 orang dari kalangan peneliti dan staff yang kompeten bidang pemetaan data ini diawali dari sambutan selamat datang dari Dr. Husnain, Director of Indonesian Centre for Agricultural Land Resource Research (ICALRD), dan sambutan dari Dr. Dharani B, Director of CIAT, serta dibuka oleh Dr. Ir. Fadjry Djufry, Head of Indonesian Agency for Agriculture Research and Development (IAARD).

Pada acara workshop tersebut, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) mewakilkan Nendyo Adhi Wibowo, M.Biotech yang bergabung bersama para peserta lain untuk memahami lebih dalam tentang Big Data 101 for Agricultural Research. Big Data adalah istilah umum yang merujuk kepada data digital berukuran besar yang dihasilkan secara terus menerus oleh penduduk dunia. Kecepatan dan frekuensi dimana data dihasilkan dan dikumpulkan berakibat pada limpahan data.

Pada acara workshop Big Data 101 ini dijelaskan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yang menekankan kebijakan penggunaan data terkait pengembangan potensi dan tren dalam database yang dapat ditemukan, diakses, dioperasikan, dan digunakan kembali. Dalam Big Data juga diperlukan peningkatan teknologi yang signifikan di seluruh siklus data yang langsung dapat diambil, disimpan untuk dianalisis dan disediakan sebagai layanan, serta dapat disebarkan secara cepat melalui penggunaan alat-alat digital/satelit, maupun peningkatan ketersediaan / akses ke produk data pengamatan geospasial. Dari bekal konsep-konsep dalam workshop big data ini para peserta sangat diharapkan dapat mengikuti training lanjutan untuk secara aplikatif bekerja dengan teknologi yang mengoptimalkan data.

 

Artikel terkait