Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
WBK
TV-TANI
LPSE
SKM
perpus_digital
Lapor.go.id
WBS
Kalender Tanam
Pakar Kopi
pui-balittri
baittri-siap-zi
satu-layanan
PPID
Ejurnal
Saber Pungli
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 18 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 2065266
International Seminar on Mutation Breeding "The use of mutation and molecular techniques to produce superior varieties of ornamental plants" PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nur Ajijah   
Selasa, 12 November 2019 09:04

International Seminar on Mutation Breeding "The use of mutation and molecular techniques to produce superior varieties of ornamental plants", Cianjur, 7 November 2019 di Balai Penelitian Tanaman Hias. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama PUI Balai Penelitian Tanaman Hias Kementerian Pertanian, PUI PAIR Badan Atom Nasional (BATAN), dan International Atomic Energy Agency (IAEA). Empat orang peneliti Balittri yaitu Cici Tresniawati, SP.,M.Si , Ir. Enny Randriani, Dr. Meynarti Sari Dewi Ibrahim dan Dr. Nur Ajijah berkesempatan mengikuti acara ini. Acara diikuti oleh peserta dari 17 negara Asia Pasifik dan dibuka secara resmi oleh Kapuslitbanghorti Ir. Handryanto MSc. PhD.

Hadir sebagai pembicara : Dr. Yun Bi Xu dari IAEA) menyampaikan topik perkembangan aplikasi marka molekuler dan pemetaan gen pada tanaman hortikultura dan Prof. Dr. Soeranto dari BATAN menyampaikan materi BATAN sebagai pusat kolaborasi IAEA untuk pemuliaan mutasi tanaman di wilayah Asia Pasifik. Salah satu fasilitas BATAN yaitu merah putih Gamma Rays memiliki fungsi yang bermacam macam, umumnya melakukan irradiasi breeder seed tanaman pangan. BATAN berkolaborasi dengan institusi lain dalam mengembangkan pemuliaan mutasi tanaman non pangan.

Pembicara ke tiga, Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.Sc dari IPB menyampaikan topik pengembangan dan potensi penggunaan marka molekuler pada pemuliaan tanaman dan identifikasi mutan, selanjutnya Dr. Ridho Murniati, SP., M.Si dari Balithi mempresentasikan Penggunaan MAS untuk seleksi mutan krisan dan anggrek hasil aplikasi irradiasi. Mutasi telah menjadi bagian yg tidak terpisahkan dari sejarah panjang pemuliaan tanaman, beberapa varietas unggul komoditas penting seperti padi dan tanaman hortikultura telah dihasilkan melaui mutasi. Penggunaan marka molekuler dan studi genomik sangat membantu di dalam percepatan pencapaian kegiatan pemuliaan tanaman, termasuk di dalam identifikasi mutan.