-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
Pakar Kopi
Kalender Tanam
TV-TANI
Lapor.go.id
pui-balittri
WBS
Sigap UPG
Saber Pungli
SKM
PPID
WBK
perpus_digital
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 175 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1290392
Menghadiri The 3rd Expert Group Meeting Indonesia-Colombia di Medan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nur Ajijah   
Jumat, 15 November 2019 07:30

Pada 13-14 November lalu Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) menghadiri The 3rd Expert Group Meeting (EGM) on Agriculture Cooperation Indonesia-Colombia di Medan Sumatera Utara. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari penuh ini diawali dengan kunjungan ke Perkebunan Aek Pancur sebagai laboratorium lapang Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) untuk melihat dan berdiskusi mengenai proses produksi benih sawit dari mulai pemilihan tetua, penyerbukan buatan sampai pengolahan benih siap semai, kunjungan dilanjutkan ke unit produksi pupuk organik PPKS dan ke galeri riset kelapa sawit untuk melihat capaian-capaian riset kelapa sawit di PPKS. Kegiatan hari pertama diakhiri dengan presentasi B50 dan Nano decALB Technology oleh peneliti PPKS.

Expert group meeting antara delegasi Indonesia dan Colombia dilakukan pada hari kedua bertempat di Hotel Santika Medan. Delegasi dari Colombia dipimpin oleh Duta Besar Colombia untuk Indonesia Mr. Juan Camilo Valencia Gonzalez, sementara delegasi dari Indonesia dipimpin oleh Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri Dr. Ade Chandra yang masing-masing sekaligus bertindak sebagai Co-Chairman.

Hadir sebagai delegasi Indonesia perwakilan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Direktorat Jendral Hortikultura, Direktorat Jendral Peternakan, PPKS, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka), Balai Penelitian dan Pengkajian Teknologi (BPPT) Sumatera Utara dan Sekretariat Biro Kerjasama Luar Negeri Kementrian Pertanian.

Di dalam sambutannya Mr. Juan Camilo Valencia Gonzalez mengatakan pentingnya jalinan kerjasama Indonesia-Colombia, karena Colombia dan Indonesia mempunyai kepentingan dan tanggung jawab yang sama di dalam memenuhi kebutuhan pangan dan energi dunia. Berbagi pengetahuan dan pengalaman antar negara merupakan hal yang penting untuk menghadapi permasalahan dan tantangan di masa yang akan datang.

Pada kesempatan EGM ini delegasi RI dari Balitbangtan menyampaikan perkembangan riset B100 di Indonesia khususnya di Balitbangtan serta rencana kerjasama penelitian sawit, kopi dan kakao yang diusulkan. Pemerintah Colombia menyambut baik perkembangan riset B100 di Indonesia dan sangat mendukung pengembangan industri sawit ke depan. Pemerintah Colombia juga berkeinginan untuk menjalin kerjasama riset dan pengembangan B100 dengan pemerintah Indonesia dan sangat berharap B100 dapat berkembang di Colombia sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Colombia dan Amerika Latin.

Terkait pertukaran materi genetik sawit, kopi, kakao dan tebu, pemerintah Colombia mengingatkan pentingnya melakukan analisis resiko terlebih dahulu khususnya terkait penyebaran penyakit antar negara. Semoga EGM Indonesia-Colombia ini dapat melahirkan kerjasama yang memberi manfaat dan keuntungan bagi kedua belah pihak.

 

Artikel terkait