Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Pakar Kopi
Saber Pungli
satu-layanan
Kalender Tanam
WBS
perpus_digital
WBK
SKM
pui-balittri
Ejurnal
TV-TANI
Sigap UPG
PPID
Lapor.go.id

Kalender Kegiatan

Social Media

Download

Online

Terdapat 90 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1377903
Inisiasi Kerjasama Puslitbangbun dengan CSIRO PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Mahardika Puspitasari   
Senin, 02 Desember 2019 16:49

CSIRO merupakan lembaga penelitian Australia dengan kantor yang tersebar di beberapa wilayah di Australia, Amerika, Eropa dan Asia. Dalam rangka inisiasi kerjasama dengan CSIRO, pada Senin 2 Desember 2019 di ruang pertemuan pusat penelitian dan pengembangan perkebunan (Puslitbangbun) dilaksanakan pertemuan antara CSIRO dengan peneliti entomologi di lingkungan puslitbangbun. Pertemuan ini dihadiri oleh Indonesia Coutry Director CSIRO Amelia Fyfield dan peneliti entomologi puslitbangbun, Balitro dan Balittri. Beberapa peneliti entomology yang hadir antara lain Prof. Dr. Ir. Deciyanto Soetopo, M.S., Ir. Jelvina C. Alouw, M.Sc., Ph.D, Prof. Dr. Ir. Agus Kardinan, M.Sc, serta Dr. Ir. Molide R. M.S. Dalam kesempatan ini peneliti entomologi dari Balittri yang turut hadir adalah Funny Soesatyo., M.Si, Gusti Indriati, M.Si dan Mahardika P., M.Si.

Pertemuan dibuka oleh kepala puslitbangbun Dr. Syafaruddin kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Amelia mengenai profil CSIRO serta maksud dan tujuan dari pertemuan ini. Tidak hanya Amelia, petemuan juga dihadiri oleh Dr. Wee Tek Tay seorang peneliti dalam bidang evolusi dan populasi genetik CSIRO melalui video call. Dalam pertemuan ini para peneliti entomologi puslitbangbun berdiskusi dengan Dr. Tay utuk menjajaki kemungkinan kerjasama yang dapat dilakukan di Indonesia. Beberapa topik penelitian seperti agen hayati untuk pengendalian serangga, serangga penyerbuk, perbanyakan massal serangga untuk penelitian serta beberapa serangga penting di Indonesia seperti Spodoptera sp. dan Bactrocera dorsalis complex juga dikemukakan dalam diskusi. Pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini menghasilkan beberapa catatan untuk ditindaklanjuti oleh kedua belah pihak. Pada akhir acara dilakukan foto bersama peneliti puslitbangbun dengan amelia yang telah fasih berbicara Bahasa Indonesia ini.

Kerjasama dengan lembaga lain merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan produktivitas penelitian di Indonesia. Pertukaran ilmu pengetahuan dengan peneliti dari negara lain dapat memacu inovasi teknologi baru yang bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan.  Sebagai lembaga penelitian yang juga bergerak memunculkan inovasi baru bagi pertanian di Indonesia khususnya komoditas perkebunan, sekarang waktunya Balittri mendunia. Mewujudkan visi Balittri yaitu  Menjadi Balai Penelitian Berkelas Dunia yang Menghasilkan Inovasi Teknologi untuk mewujudkan pertanian-bioindustri berkelanjutan berbasis tanaman industri dan penyegar.