Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Ejurnal
TV-TANI
Sigap UPG
PPID
Lapor.go.id
Pakar Kopi
Saber Pungli
satu-layanan
Kalender Tanam
WBS
perpus_digital
WBK
SKM
pui-balittri

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 12 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1377722
Apresiasi Lembaga Litbang 2019 : Melalui Riset, Wujudkan Negara yang berdaya saing dan Mandiri PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Lia Anggraini   
Rabu, 04 Desember 2019 10:05

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek) RI menyelenggarakan acara Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2019, Senin (2/12).  Acara yang di laksanakan di Ruang auditorium BJ Habibie, Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kemenristekdikti ini dihadiri oleh Menteri Ristekdikti / Kepala Badan  Riset Inovasi Nasional (BRIN), Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti,  Kepala Badan Litbang Pemerintah Kementerian, dan Non Kementerian, Kepala Lembaga Pemerintah Daerah, Kepala Lembaga Penelitian  dan Pengembangan Industri, serta Rektor dan Direktur Perguruan  Tinggi.

Apresiasi lembaga litbang 2019, merupakan upaya Kementerian Riset dan Pendidikan Tingggi dalam memberikan apresiasi terhadap lembaga litbang, baik dalam lingkup litbang pemerintah kementerian, non kementerian, litbang daerah dan industri yang telah berkinerja unggul, inovatif dan berdaya saing. Kegiatan apresiasi lembaga litbang 2019 dimaksudkan sebagai laporan kepada publik atas kinerja direktorat Lembaga penelitian dan pengembangan, dalam melakukan pembinaan terhadap Lembaga litbang.

Berbagai penghargaan diberikan kepada Lembaga litbang yang berdedikasi. Diantaranya Apresiasi Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BPPD)  Berkinerja Utama, Apresiasi Lembaga Litbang Industri innovative Industrial Reasearch and development Institution (IIRDI), Penyerahan sertifikat perpanjangan status Lembaga Litbang sebagai Pusat Unggulan Iptek, serta penetapan Pusat Unggulan Iptek 2019. Selain itu untuk  meningkatkan kualitas dan mutu manajemen pranata litbang seluruh Indonesia, juga disampaikan  penyerahan sertifikasi akreditasi Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan  (KNAPPP).

Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc. selaku Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti menyampaikan bahwa acara apresiasi ini diselenggarakan rutin setiap tahun untuk memberikan motivasi kepada seluruh lembaga penelitian di Indonesia. Ditambahkan pula, setelah melalui tahap pembinaan oleh Ditjen Kelembagaan dan Dikti  untuk menentukan apa yang menjadi keunggulan dari Lembaga litbang tersebut. Sehingga, setelah memiliki masterplan Pusat Unggulan Iptek (PUI), dengan berbagai indikator seperti memiliki publikasi internasional dan juga hilirisasi hasil penelitian. “Selama ini, penelitian kita kurang mengajak industri untuk terlibat. Oleh karena itu, lembaga litbang harus berkolaborasi dengan industri sehingga hasil penelitiannya dapat dipasarkan dalam skala ekspor” tegasnya

Raymond Chandrawinata, Director inovation and science Development PT Dexa Medika menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada PT Dexa Medika melalui  IIRDI Award. “Kita berupaya mensubtitusi bahan baku obat-obatan yang sebagian besar impor, dengan bahan alami yang ada di Indonesia. Indonesia kaya akan Biodeversitas, dan apabila kita melakukan penelitian dan pengembangan dengan sebaik-baiknya dan secara modern, maka kita dapat mandiri. Membawa kejayaan Ristek di Indonesia.

PUI memiliki kontribusi yang cukup signifikan terhadap upaya pemerintah dalam menghasilkan inovasi inovasi. Harapannya Setiap tahunnya akan muncul terus Lembaga litbang yang ditetapkan menjadi Pusat Unggulan Iptek. Menurutnya, lewat apresiasi ini diharapkan muncul hilirasi hasil penelitian yang dapat diproduksi dan dipasarkan secara masal dan marketsharenya terus bertambah dan berkembang.