Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
TV-TANI
Saber Pungli
Ejurnal
satu-layanan
perpus_digital
WBK
Kalender Tanam
Sigap UPG
pui-balittri
Lapor.go.id
LPSE
PPID
Pakar Kopi
SKM
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Download

Online

Terdapat 27 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1520139
Balittri Menapakkan Jejak Teknologi di Malinau PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Yulius Ferry   
Jumat, 06 Desember 2019 07:30

Malinau merupakan salah satu Kabupaten di Kalimantan Utara yang berbatasan dengan daerah Sabah, negara bagian Malaysia. Banyak pertambangan batu bara disana diantaranya adalah PT. Mitrabara Adiperdana (MA). Perusahaan ini melalui bagian Corporate Social Responsibility (CSR)-nya membina petani kopi. Perusahaan ini juga yang mengundang Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) untuk melakukan bimbingan teknis (Bimtek) bagi petani kopi di Malinau Selatan, salah satu daerah sentra produksi kopi di daerah ini. Selama 2 hari peneliti Balittri melakukan Bimtek agar petani dapat mengerti tentang budi daya kopi, memaksimalisasikan produksi kopi dan melakukan peremajaan kopi yang telah tua.

Di dalam arahannya pada saat pembukaan Bimtek, Camat Malinau Selatan mengharapkan para peserta dapat mengikuti dengan baik, agar menguasai teknologi yang disampaikan. Petani sangat antusias mengikutinya terutama pada waktu praktek penyambungan tak ent dan top ent pada peremajaan tanaman kopi. Petani bertekad untuk meningkatkan produktivitas kopi dari 250 kg/ha/tahun menjadi 800 kg/ha/tahun pada 2 tahun yang akan datang, tekad yang sangat wajar melihat pertumbuhan tanaman kopi di daerah ini.

Salah satu produk kopi yang dikenal di daerah ini adalah kopi Loreh, pertanaman yang bercampur antara kopi Robusta dan Arabika menghasilkan rasa yang lain dibandingkan dengan kopi Robusta yang biasa diminum masyarakat. Walaupun tanaman kopi Arabika di dataran rendah (600 m dpl) tapi telah mempengaruhi cita rasa dan aroma kopi Loreh.

 

Artikel terkait