Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Ejurnal
TV-TANI
Sigap UPG
PPID
Lapor.go.id
Pakar Kopi
Saber Pungli
satu-layanan
Kalender Tanam
WBS
perpus_digital
WBK
SKM
pui-balittri

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 14 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1377752
Balittri Perkenalkan Inovasi dan Teknologi Komoditas Kopi di Lampung PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Lia Anggraini   
Selasa, 10 Desember 2019 07:30

Balai Penelitian Industri dan Penyegar (Balittri) Sukses menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Komoditas Kopi di Kebun Percobaan (KP) Cahaya Negeri, Lampung pada Kamis (5/12). Penanggung jawab kegiatan Bimtek, Dr. Ir. Samsudin, M.Si yang juga Kepala Seksi Yantek dan Jaslit menyampaikan bahwa bimtek kopi di Taman Teknologi Pertanian (TTP) adalah yang pertama kali dilaksanakan, dan diupayakan untuk dapat dilaksanakan ditahun berikutnya. Peserta yang hadir di Bimtek ini pun sangat beragam latar belakangnya. Sebanyak 80 peserta, yang terdiri dari petani dan pengusaha industri kopi, penyuluh, dinas pertanian, hingga penangkar.

 

Materi yang disampaikan juga bervariasi, mulai dari pengenalan ragam varietas unggul tanaman kopi, teknik budidaya kopi Robusta, serta pengendalian hama dan penyakit pada tanaman kopi. Selain itu, peserta juga diberikan edukasi mengenai regulasi tanaman perkebunan. Adapun pemateri berasal dari peneliti Balittri berdasarkan kepakarannya, seperti Dr. Ir. Samsudin, M.Si., Ir. Edi Wardiana, M.Si., dan Cici Tresniawati S.P, M.Sc. Bimtek ini rupanya memberikan pengalaman tersendiri bagi masing-masing peserta. Sebab, Peserta pun melihat secara langsung teknik sambung tak-en dan stek berakar.


Melalui bimtek komoditas kopi yang diselenggarakan di KP. Cahaya Negeri mampu memberikan edukasi bagi seluruh peserta yang hadir, terutama bagi penggiat kopi di wilayah Lampung dan sekitarnya. Terlebih lagi hadirnya TTP, diharapkan menjadi sentra inovasi dan teknologi tanaman perkebunan. Semoga!

 

Artikel terkait