Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
perpus_digital
Saber Pungli
satu-layanan
Sigap UPG
pui-balittri
WBS
Pakar Kopi
Lapor.go.id
Ejurnal
WBK
LPSE
TV-TANI
SKM
PPID
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 24 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1664660
Rintisan Kerjasama Riset Kakao Mulia Tahan Phytopthora palmivora Butlr Antara Balittri dan PT. Mekarsari PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nur Ajijah & Cici Tresniawati   
Kamis, 30 Januari 2020 07:42

Kamis 29 Januari 2020, Dr. Nur Ajijah, Cici Tresniawati, SP., M.Si Berkunjung ke PT. Mekarsari, Cileungsi, Cibubur. Tim dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) diterima oleh Kepala Divisi Riset dan Pengembangan PT. Mekarsari Dr. Aziz Natawijaya. Sebelum sesi diskusi Tim Balittri Berkunjung ke koleksi plasma nutfah kakao seluas 10 Ha bersama asisten lapang. Koleksi plasma nutfah kakao berasal dari Pulau sumatera, Sulawesi, Jawa, Kalimantan, dan Papua baik berupa kakao Forastero dan Trinitario. Beberapa koleksi merupakan hibrida kakao Mulia. PT. Mekarsari memiliki Theobroma bicolor yang berasal dari Equador yang termasuk fine flavour cacao karena memiliki biji berwarna putih.

 

Tujuan Tim Balittri berkunjungan ke PT. Mekarsari adalah untuk merintis kerjasama riset tanaman kakao khususnya kakao mulia. Banyak sekali informasi yang diperoleh terkait koleksi dan kegiatan pemuliaan kakao di Mekarsari dan hal ini membuka kesempatan untuk berkerjasama di masa yang akan datang antara Balittri dengan PT. Mekarsari dalam hal sharing material genetik dan kerjasama riset untuk mendapatkan material genetik yang tahan terhadap organisme pengganggu tanaman (OPT) khususnya penyakit busuk buah kakao (BBK) yang disebabkan oleh Phytopthora palmivora Butlr.

 

Artikel terkait