Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
perpus_digital
Saber Pungli
satu-layanan
Sigap UPG
pui-balittri
WBS
Pakar Kopi
Lapor.go.id
Ejurnal
WBK
LPSE
TV-TANI
SKM
PPID
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 23 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1664659
Pemantapan Pembangunan Taman Teknologi Pertanian (TTP) Cahaya Negeri PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Eko Heri Purwanto   
Rabu, 05 Februari 2020 07:30

Pembangunan Taman Teknologi Pertanian (TTP) Cahaya Negeri pada tahun 2019 telah sampai pada tahap pembangunan sarana dan prasarana berupa pembangunan rumah benih, gedung pengolahan, gedung security, perbaikan gedung mess, rumah kaca/green house, rumah kompos, rumah pengering, alat mesin pengolahan pupuk organik dan mesin pengolahan kopi. Pada tanggal 29-30 Januari 2020 Kepala Balai beserta Kasie Yantek & Jaslit, tim pengelola TTP Cahaya Negeri dan 4 peneliti utama Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) melakukan kunjungan ke Cahaya Negeri untuk pemantapan, evaluasi serta koordinasi pelaksanaan kegiatan pembangunan TTP Cahaya Negeri tahun 2020.

Evaluasi pembangunan gedung sarana dan prasarana melibatkan kontraktor pelaksana pembangunan gedung untuk memastikan kualitas dan kesesuaian dengan desain TTP sehingga dapat berfungsi dengan baik. Rencana pembangunan fasilitas TTP selanjutnya adalah pembangunan aula/gedung pelatihan, pengerasan jalan utama dan perbaikan rumah negara yang ada di dalam kawasan KP. Cahaya Negeri.

Penataan kembali kebun percobaan perlu dilakukan agar tercipta taman yang mempunyai nilai estetika dan mengandung unsur inovasi di dalamnya. Upaya revitalisasi kebun terus dilanjutkan dengan perbaikan kebun induk kakao hibrida, pemurnian entres kopi robusta, kebun induk lada, kebun entres kakao BL 50 dan pemanfaatan lahan diantara karet dengan tanaman sela porang. Koordinasi dilakukan melibatkan seluruh karyawan KP. Cahaya Negeri guna memastikan kelancaran pelaksanaan program ini. Diharapkan dengan adanya support yang penuh dari struktural dan para peneliti dari Balittri pembangunan TTP Cahaya Negeri dapat terlaksana dengan baik sehingga memberikan manfaat bagi daerah dan masyarakat secara umum.

 

Artikel terkait