Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
satu-layanan
perpus_digital
WBK
Kalender Tanam
Sigap UPG
pui-balittri
Lapor.go.id
LPSE
PPID
Pakar Kopi
SKM
WBS
TV-TANI
Saber Pungli
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 11 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1522896
Simulasi Aplikasi Pelepasan Varietas Tanaman Secara Online PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nur Kholis Firdaus   
Senin, 27 Januari 2020 07:00

Senin, 20 Januari 2020, Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan pelatihan simulasi penggunaan aplikasi SIMPEL (Sistem Perijinan Pertanian Elektronik) untuk pusat perlindungan varietas tanaman dan perizinan pertanian terintegrasi Secara Elektronik (OSS) sesuai amanat Presiden RI yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha. Pelaksanaan Sistem OSS dilandasi payung hukum Peraturan Pemerintah Nomor Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik yang diluncurkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada tanggal 9 Juli 2018.

Untuk mendorong lancarnya kegiatan PVTPP tersebut diharapkan mampu memotong kompas alur dari setiap tahapan yang dilakukan oleh pemohon atau user tegas Ir. Ewin Suib, MM selaku Kepala bidang pelayanan PPVT pada sambutan awal yang di sampaikan pada acara pembukaan. Selanjutnya beliau berharap aplikasi ini dapat di gunakan pada tahun 2020, tentunya dengan adanya masukan-masukan untuk penyempurnaan aplikasi SIMPEL ini.

Pelatihan simulasi aplikasi SIMPEL ini diikuti oleh 11 undangan yang terdiri dari 7 instansi pemerintah dibawah kementerian pertanian dan 4 perusahaan besar yang bergerak di bidang benih tanaman  dan pakan ternak. Dua peneliti bidang pemuliaan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) ikut serta didalamnya Ilham Adi Wicaksono, SP., M.Si dan Nur Kholis Firdaus, SP., M.Sc. Pelatihan diselenggarakan di Laboratorium Komputer Pusat Data dan Informasi Pertanian Gedung D Lantai 4 Kementerian Pertanian. Diakhir acara dilakukan sesi diskusi dalam penggunaan aplikasi serta termasuk saran untuk penyempurnaan program aplikasi baru ini sebelum di launching dan digunakan secara nasional.

Diakhir sesi penutupan pelatihan, harapan besar kami semoga dengan adanya sistem perijinan pertanian secara online ini akan lebih efektif dan efisien sesuai dengan nama aplikasi yang telah di ciptakan “SIMPEL”.

 

Artikel terkait