Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
satu-layanan
perpus_digital
WBK
Kalender Tanam
Sigap UPG
pui-balittri
Lapor.go.id
LPSE
PPID
Pakar Kopi
SKM
WBS
TV-TANI
Saber Pungli
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 7 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1522888
Peningkatan Kapasitas SDM Pemulia Balittri melalui Workshop Pemuliaan Tanaman Tahunan (Pohon) dan Analisis Genetika Kuantitatif PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nur Kholis Firdaus   
Selasa, 11 Februari 2020 07:30

Aparatur Sipil Negara  (ASN) dalam satuan organisasi atau lembaga kerja memiliki hak dalam menduduki suatu jabatan keahlian atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri, salah satunya Jabatan fungsional peneliti yang harus selalu memiliki karakter teliti dan tekun didalam bidang pekerjaan. Kompetensi bidang keahlian didalam jabatan fungsional peneliti harus selalu ditingkatkan untuk menciptakan inovasi baru serta meningkatkan daya saing. Hilirisasi/diseminasi produk hasil inovasi penelitian dan pengembangan diharapkan mampu memberikan dampak secara luas kepada masyarakat.

Pada hari Rabu dan Kamis 5-6 Februari 2020, bertempat di ruang rapat lantai 2 Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) diselenggarakan workshop pelatihan pemuliaan tanaman tahunan (pohon) dan analisis genetika kuantitatif. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan oleh Balittro, dengan satu narasumber dari Dr. Ir. Eko Bhakti Hardiyanto, M.Sc. pemuliaan tanaman kehutanan dari Fakultas Kehutanan UGM. Pelatihan diikuti oleh peneliti pemulia tanaman Balittri dan Balittro serta jabatan fungsional lainnya. Pelatihan di selengarakan selama 2 hari dengan materi dasar pemuliaan, genetika kuantitatif, dan kualitatif, analisis statistika, dan dilanjutkan simulasi dari desain penelitian sampai analisis data. Acara dimulai dengan sambutan pembukaan yang disampaikan oleh Ka. Kelompok Peneliti pemuliaan tanaman Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat dengan menyampaikan maksud dan tujuan dari penyelenggaraan kegiatan, dan terahir adanya harapan besar untuk peningkatan kompetensi dan kehlian dalam penelitian pemuliaan tanaman pohon.

Dalam kesempatan ini, hampir semua SDM kelompok peneliti pemulia tangguh dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) yang dikoordinir oleh Ka. Kelti Pemuliaan (Nur Kholilatul Izzah, SP.,MP.,P.hD.) memiliki kesempatan untuk ikut serta dalam pelatihan workshop. Sebanyak 13 orang peneliti pemulia Balittri ikut serta hadir dan berlatih didalamnya. Antusiasme peserta pelatihan sangat tinggi dengan adanya sesi diskusi yang hangat tentang pengalaman dari setiap peneliti yang dikonsultasikan melalui sesi diskusi di tengah dan akhir sesi.

Diakhir acara dilakukan acara penutupan, dengan menyampaikan terimakasih kepada narasumber yang telah banyak membagikan ilmunya dengan tulus dan ikhlas kepada semua peserta workshop. semoga apa yang telah dibagikan menjadi amal jariyah bagi narsum dan ilmu bermanfaat bagi peserta workshop.  “Aamiin”

 

Artikel terkait