Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
perpus_digital
WBS
PPID
Saber Pungli
Kalender Tanam
Lapor.go.id
TV-TANI
Sigap UPG
WBK
Ejurnal
Pakar Kopi
satu-layanan
pui-balittri
SKM

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 62 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1419608
Workshop Aplikasi SAKTI PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Asif Aunillah   
Rabu, 12 Februari 2020 07:30

Bertempat di Hotel Savero, Depok, Jawa barat tanggal 5-7 Februari 2019, telah dilaksanakan Sosialisasi PMK Revisi dan Workshop Aplikasi SAKTI TA.2020. Acara ini dibuka oleh Kepala Perencanaan Balitbang Pertanian, Arif Surahman, S.Pi., M.Sc., Ph.D dan dihadiri oleh Kabid Kasubbid/Kasi Program Unit Kerja, Kasie Yantek/Koordinator Program Unit Pelaksana Teknis (UPT), dan staf bagian Perencanaan UPT. UPT Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) diwakili oleh Kasie Yantek dan Jaslit, Dr. Ir. Samsudin, M.Si dan Staf Bagian Perencanaan, Asif Aunillah, S.TP, M.Sc. Pertemuan ini di bertujuan untuk mensosialisasikan Aplikasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi).

Aplikasi SAKTI merupakan aplikasi yang dibangun untuk menyederhanakan berbagai aplikasi pengelolaan keuangan pada satuan kerja/instansi. Selama ini ada beberapa aplikasi yang dipergunakan satuan kerja/instansi dalam pengelolaan keuangan negara dari perencanaan anggaran sampai  dengan pelaporan keuangan seperti Aplikasi RKA-KL DIPA untuk penyusunan anggaran, aplikasi SIMAK BMN untuk pengelolaan aset tetap dan aplikasi SAKPA untuk penyusunan laporan keuangan. Dengan konsep Single Database, aplikasi SAKTI menyatukan fungsi aplikasi-aplikasi tersebut.

Acara berikutnya dipimpin oleh Kepala Sub Bagian Program dan Anggaran, Laila Kadar, SE, M.Si tentang Kebijakan Revisi Lingkup Balitbangtan. Dalam arahannya, beliau menegaskan penting perencanaan yang matang sehingga jumlah revisi DIPA dapat diminamilisir. Acara berikutnya tentang Tata Cara Revisi Anggaran Tahun 2020 pertaruan Menteri Keuangan Nomor 210/PMK.02/2019, disampaikan dari Direktorat pelaksanaan anggaran, Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI (DJA) . Setelah itu dilakukan penyampaian Tata cara Revisi Target dan Pagu Penggunaan PNBP oleh Direktorat Penerimaan Negara Bukan Pajak.

 

Memasuki acara inti, Penjelasan Sistem Aplikasi Revisi Tahun 2020 dan Bimtek Aplikasi SAKTI 2020 yang disampaikan Direktorat Sistem Penganggaran. Dalam Bimtek ini dijelaskan secara rinci penjelasan secara lebih jelas tentang aplikasi SAKTI dan step by step penggunaannya untuk pelaksanaan Revisi. Peserta workshop sangat antusias mengikuti step by step penggunaan aplikasi SAKTI dan menanyakan lebih lanjut permasalahan dalam menggunakan aplikasi SAKTI.

 

Artikel terkait