Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Pakar Kopi
Lapor.go.id
Ejurnal
WBK
LPSE
TV-TANI
SKM
PPID
Kalender Tanam
perpus_digital
Saber Pungli
satu-layanan
Sigap UPG
pui-balittri
WBS

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 25 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1664632
Solusi Substitusi Bahan Bakar Fosil Melalui Percepatan Penggunaan Bioenergi PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Asif Aunillah   
Senin, 17 Februari 2020 07:30

Dalam rangka menggencarkan kembali peran Ikatan Ahli-Ahli Bioenergi Indonesia (IKABI), maka diselenggarakanlah Pertemuan Ilmiah dengan mengusung tema : "Solusi Substitusi Bahan Bakar Fosil melalui Percepatan Penggunaan Bioenergi. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2020 di Gedung IB Sudjana I, Badan Litbang ESDM, Jakarta. Acara ini dihadiri perwakilan dari anggota IKABI, Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), Perusahan Swasta dan Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang energi.

Acara ini diawali dengan sambutan tuan rumah, Dadan Kusdiana, Ph.D Kepala Badan Litbang Kementerian ESDM. Dalam sambutannya beliau mengemukakan mengenai profil dan inovasi yang telah dihasilkan oleh Balitbang ESDM. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Wakil ketua IKABI, Prof. Dr. Ir. Erliza Hambali, rencananya kegiatan IKABI seperti ini akan dilakukan sebanyak 4 kali. Kedepan, ini lebih digencarkan agar anggota IKABI dapat bergerak lebih aktif untuk kemajuan bioenegi di Indonesia.

Pada sesi I, dimoderatori oleh Bapak Fadjar Goembira, Dosen Teknik Lingkungan Universitas Andalas. Sebagai narasumber, menghadirkan Dr. Ir. Agus Yustianto, M.Sc, Kepala Badan Litbang dan Inovasi KLHK tentang update perencanaan litbang bioenergi lingkup KLHK; Ir. Syafaruddin, Ph.D, Kepala Puslitbang Perkebunan tentang update perencanaan litbang bioenergi lingkup Kementan; Setyorini Tri Hutami, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi "Lemigas" tentang update perencanaan litbang bioenergi di Kementerian ESDM; Ir. Arie Rahmadi, B.Eng., M.Eng.Sc, Kepala Balai Teknologi Bahan Bakar dan Rekayasa Desain BPPT tentang riset BBN di BPPT tahun 2020-2024.

Pada sesi II, sebagai narasumber menghadirkan perwakilan dari Direktorat Jendral EBTKE tentang Implementasi dan Operasional Bioenergi di Indonesia; Perwakilan dari Pertamian tentang Biofuel Development in Pertamina, Perwakilan dari Indonesia Power tentang Roadmap Pengelolaan dan Pemanfaatan Biomassa untuk Mendukung Bauran Energi Terbarukan, Perwakilan dari PJP tentang Co-Firing Biomass, dan I Gusti Bagus Ngurah Makertihartha tentang Update Pengembangan Bahan Bakar Biohidrokarbon.

Diakhir acara, ditutup oleh Ketua IKABI, Dr Tatang Hernas S. Beliau menyampaikan bahwa peran bioenergi adalah untuk bahan bakar sehingga dapat digunakan untuk menambal kekurangan dari target yang telah ditetapkan untuk EBT.

 

Artikel terkait