Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
TV-TANI
SKM
PPID
Kalender Tanam
perpus_digital
Saber Pungli
satu-layanan
Sigap UPG
pui-balittri
WBS
Pakar Kopi
Lapor.go.id
Ejurnal
WBK
LPSE

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 23 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1664603
Sosialisasi Inpassing Jabatan Fungsional Pengelola Keuangan dan BMN Lingkup Kementerian Pertanian PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Jajat Sudrajat   
Selasa, 18 Februari 2020 07:30

Sesuai surat  Kepala Biro Keuangan dan Perlengkapan Kementerian Pertanian nomor: 301/KP.010/A4/01/2020 tertanggal 22 Januari 2020 perihal Undangan Sosialisasi Inpassing Jabatan Fungsional Pengelola Keuangan dan BMN. Acara dilaksanakan di Bandung, mulai tanggal 13 s.d. 14 Februari 2020, dengan peserta meliputi 93 Satker Kementerian Pertanian (Kementan) Wilayah Indonesia Bagian Barat, dengan jumlah pegawai yang ikut serta hampir mencapai 300 orang.

Diselenggarakannya acara ini merupakan tindak lanjut atas terbitnya Permenpan RB nomor 53 tahun 2018 tentang Jabatan Fungsional Analis Keuangan, Permenpan RB nomor 54 tahun 2018 tentang Jabatan Fungsional Pranata Keuangan APBN, dan Permenpan RB nomor 23 tahun 2018 Jabatan Penatalaksana BMN. Kegiatan sosialisasi tersebut difokuskan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berminat untuk menduduki ke-3 jabatan fungsional sebagaimana tersebut di atas, untuk mendorong dan memaksimalkan kinerja pegawai yang selama ini sudah dan akan terlibat dalam bidang keuangan dan BMN, dengan berorientasi pada jenjang karier PNS yang bersangkutan. 

Sebagai Narasumber pada acara tersebut berasal dari Biro Keuangan dan Perlengkapan Kementerian Pertanian, Ditjen Perbendaharaan Negara, dan Ditjen Kekayaan Negara. Adapun Materi Acara  terdiri dari :

1. Standar Kompetensi Pejabat Perbendaharaan Negara

2. Inpassing Jabatan Fungsional Keuangan

3. Mekanisme Usulan Inpassing Jabatan Fungsional Pengelola Keuangan

4. Inpassing Jabatan Fungsional Penatalaksana BMN

Beragam respon dari peserta atas keberadaan ketiga jabatan fungsional tersebut, ada yang optimis dan juga ada yang pesimis, setelah memperhatikan paparan yang disampaikan nara sumber. Faktor yang membuat optimis yaitu ada perbedaan Grade jabatan lebih tinggi untuk jabatan Analis Pengelola Keuangan dibanding jenjang jabatan yang sama atau selevel dengan jabatan fungsional di bidang lain, Namun bagi mereka yang pesimis, tidak melihat adanya sesuatu yang lebih menarik dari jabatan yang ditawarkan, khususnya untuk jabatan Penatalaksana BMN, dimana jenjang yang saat ini untuk UPT baru pada tahap jenjang Terampil.

Terkait dengan proses inpassing ketiga jabatan fungsional tersebut, hal yang menjadi faktor penentu bagi PNS untuk diangkat dalam jabatan, baik melalui proses pengangkatan dalam jabatan sesuai formasi dan inpassing adalah ketersediaan formasi pada masing-masing satker yang telah ditetapkan/disetujui oleh Kemenpan RB yang belum lama ini telah diusulkan oleh masing-masing satker.

Langkah awal yang harus ditempuh setelah diperolehnya persetujuan penetapan formasi yaitu dengan aktivasi aplikasi e-jabfung dengan berkooordinasi dengan KPPN setempat untuk memperoleh User ID bagi Admin Satker yang selanjutnya merekam semua PNS yang mau mendaftar sebagai Pejabat Fungsional Pengelola Keuangan dan BMN.

 

Artikel terkait