Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
perpus_digital
WBS
PPID
Saber Pungli
Kalender Tanam
Lapor.go.id
TV-TANI
Sigap UPG
WBK
Ejurnal
Pakar Kopi
satu-layanan
pui-balittri
SKM

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 94 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1419639
Persiapan Menyongsong Penas XVI di Padang, Sumatera Barat PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nur Kholillatul Izzah   
Kamis, 20 Februari 2020 07:30

Penas merupakan gelaran teknologi dan inovasi yang dihasilkan oleh Balai Penelitian lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) yang dapat menjadi ajang pertukaran informasi antara lembaga penelitian, swasta serta petani dan nelayan. Pekan Nasional (PENAS) XVI rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 20-25 Juni 2020 di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Salah satu persiapan yang dilakukan menjelang pelaksanaan Penas adalah diadakan rapat koordinasi yang bertempat di Laboratorium Diseminasi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat dan survei lokasi Penas pada tanggal 17-18 Februari 2020. Rapat dipimpin oleh Kepala BPTP Sumbar Dr. Jekvy Hendra dan dihadiri oleh Kepala Balit Palma (Dr. Ismail Maskromo), peneliti, koordinator dan staf Jaslit Balai Penelitian lingkup Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) Balittri, Balittro, Balittas dan Balit Palma, BB Biogen dan Balitbu. Materi yang dibahas pada rapat koordinasi adalah 1). Mengenai pencairan anggaran yang telah diajukan oleh setiap Balai Penelitian yang akan berpartisipasi pada Penas; 2). Diharapkan tiap Balai Penelitian untuk memperbanyak ruang publik, yaitu dengan membuat replika yang merupakan icon dari Balai untuk menarik pengunjung. Hal ini karena lahan yang digunakan untuk PENAS cukup luas, yaitu 25 ha dan lahan untuk gelar teknologi litbang sekitar 15,5 ha; 3). Nuansa yang ditampilkan pada PENAS mulai dari input sampai output yang dihasilkan dari tiap Balai; 4). Pembuatan jalan di lokasi PENAS dengan lebar 3-4 m sepanjang 7 km yang akan segera dimulai.

Tema yang ditampilkan pada PENAS XVI adalah 1). Conventional Farming dengan automasi, 2). Urban Smart Farming dan 3). Organik Bioindustri, yang terbagi menjadi tiga family farming. Ketiga tema yang ditampilkan tersebut harus memenuhi sumber karbohidrat, sumber protein hewani, sumber protein nabati, sumber mineral, sumber vitamin, estetika, tanaman obat, teknologi pendukung dan tanaman perkebunan. Selain itu juga terdapat lokasi off farm seluas 14025,73 m2 yang dipergunakan untuk menampilkan hasil dari bioindustri kopi dan kakao, bioindustri sorgum, biofuel, bioindustri padi, bioindustri kelapa, bioindustri serai wangi dan modern mekanisasi.

Gambar 1. Rapat koordinasi persiapan PENAS XVI di Lab. Diseminasi BPTP Sumatera Barat

Selain itu juga dilakukan survei ke lokasi PENAS yang berada di Kabupaten Padang Pariaman (sekitar 7,1 km dari Bandara International Minangkabau). Lahan pada lokasi PENAS telah mulai dibagi untuk blok-blok penanaman, lokasi family farming dan lokasi off farm. Beberapa Balai telah mengirimkan teknisinya untuk mulai melakukan persiapan lahan dan penanaman. Lokasi untuk PENAS XVI dapat dilihat pada foto-foto di bawah ini.

Gambar 2. Lokasi PENAS XVI di Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat

 

Artikel terkait