Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pui-balittri
SKM
perpus_digital
WBS
PPID
Saber Pungli
Kalender Tanam
Lapor.go.id
TV-TANI
Sigap UPG
WBK
Ejurnal
Pakar Kopi
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 22 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1419458
Bimtek Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Lia Anggraini   
Senin, 02 Maret 2020 07:46

Sebagai upaya peningkatan pelayanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Pertanian sebagai Badan Publik Informatif, maka Biro Humas dan Informasi Publik Kementan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi PPID Pelaksana UPT lingkup Kementan wilayah Barat. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 27 – 28 Februari 2020 di Auditorium Ismunadji Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Bogor.

Sebanyak 100 Orang peserta yang hadir merupakan perwakilan PPID Eselon I, PPID Eselon II dan PPID UPT Kementan. Peserta diberikan pengetahuan mengenai mekanisme pengelolaan informasi publik. Acara Dibuka oleh Kepala Bagian Umum Pengelolaan Informasi Publik, Komarudin dan sekaligus menjadi moderator diskusi bersama Kepala Pusat Data dan Informasi Pertanian (Pusdatin), Dr. Ir. I Ketut Kariyasa, M.Si. Kepala Pusdatin menjelaskan bahwa dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, maka Kementerian Pertanian membangun aplikasi Agriculture War Room (AWR) Berteknologi Modern yang telah diluncurkan pada tanggal 4 Februari 2020 di Jakarta.

Ia menjelaskan bahwa peran AWR dalam menyajikan informasi mendukung pertanian maju, mandiri dan modern yaitu mewujudkan satu data pertanian, menyediakan data dan informasi yang riil time, memantau dan mengendalikan kegiatan pembangunan pertanian, mengetahui permasalahan riil di lapangan (dialog langsung dengan petani), dan mekanisasi Inovasi IT menyebabkan penggunaan input produksi menjadi lebih efisien dan tepat waktu. Dengan AWR diharapkan kegiatan pertanian dapat dipublikasi secara baik dan mendukung program kostratani.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi portal PPID serta praktik penggunaan portal PPID dalam memberikan layanan dan pengelolaan informasi publik melalui aplikasi Silayan dan Sidado. Sedangkan narasumber dari Komisi Informasi Pusat yaitu Tya Tirta Sari yang memaparkan penerapan Keterbukaan Informasi Publik di Indonesia. Melalui Bimtek ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kompetensinya  sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik di unit kerjanya masing-masing.

 

Artikel terkait