Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Lapor.go.id
Saber Pungli
perpus_digital
Ejurnal
WBK
satu-layanan
LPSE
TV-TANI
SKM
Sigap UPG
pui-balittri
WBS
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 26 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1667880
Optimalisasi Layanan Informasi Publik Cepat, Mudah, dan Transparan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Lia Anggraini   
Selasa, 03 Maret 2020 07:30

Terbukanya akses informasi menjadi instrument yang sangat penting dalam mendukung terwujudnya sebuah Badan Publik yang Informatif. Berkembangnya sarana informasi seiring dengan perkembangan teknologi menjadi sarana dalam optimalisasi pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara sebagaimana amanat dalam Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik (IP) Kuntoro Boga Andri, S.P., M. Agr.  menyampaikan bahwa Kementerian Pertanian berhasil meraih penganugerahan dari Komisi Informasi Publik (KIP) sebagai Badan Publik Informatif klaster tertinggi dalam  Keterbukaan Informasi Publik. Penilaian yang paling tinggi dalam apresiasi ini adalah adanya inovasi. Terobosan yang dilakukan oleh Biro Humas dan IP Kementerian pertanian (Kementan) adalah seluruh UK/UPT berkomitmen untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan informasi publik yang Cepat, Mudah, dan Transparan. Hal tersebut disampaikan saat penutupan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik,  Jumat (29/2) kemarin.

Komitmen ini tentu saja harus diikuti dengan penerapan standarisasi dalam pelaksanaaan pelayanan informasi publik, baik dari segi fasilitas, layanan, serta standar pelayanan, hingga harmonisasi dalam penyampaian informasi publik melalui portal website. Kepala Biro Humas IP juga menghimbau agar segera dilakukan juga penandatangan komitmen pengelola informasi publik pada tingkat eselon 2 dan 3 lingkup Kementan, yang nantinya disaksikan oleh eselon 1.

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) juga turut berkomitmen untuk mendukung langkah yang telah digagas oleh kementerian pertanian dalam hal keterbukaan informasi. Berbagai instrument seperti  layanan resmi PPID online yang dapat diakses di balittri.ppid.pertanian.go.id atau pun portal  balittri.litbang.pertanian.go.id menjadi upaya bagi Balittri  untuk  membuka akses informasi bagi masyarakat. Untuk memenuhi dan memberikan pelayanan informasi kepada pemohon informasi, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Balittri juga menyediakan desk layanan informasi dengan jadwal pelayanan pada setiap hari kerja senin – jumat, mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB dan 13.00-15.00 WIB.

Menapaki era 4.0 ini, keterbukaan informasi  dilakukan dengan berbagai cara. Pemanfaatan beragam platform media sosial dianggap dapat membantu menyampaikan informasi secara mudah dan cepat. Oleh karenanya, Kepala Biro Humas dan IP Kementan berharap kedepannya kegaitan PPID dapat dapat mendukung kegiatan kehumasan dalam konteks pembentukkan citra sebuah Badan Publik melalui keterbukaan Informasi.

 

Artikel terkait