Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pui-balittri
SKM
perpus_digital
WBS
PPID
Saber Pungli
Kalender Tanam
Lapor.go.id
TV-TANI
Sigap UPG
WBK
Ejurnal
Pakar Kopi
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 21 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1419410
FGD Akselerasi Peningkatan Produksi, Nilai Tambah dan Daya saing Komoditas Karet dan Kayu Manis di Kota Jambi PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nur Kholis Firdaus   
Rabu, 04 Maret 2020 07:30

Pada hari Kamis tanggal 27-28 Februari 2020 dilaksanakan Forum Group Discussion (FGD) yang bertemakan tentang (Grasida) Gerakan Peningkatan Produksi dan daya Saing pada dua komoditas utama di provinsi Jambi. Kegiatan ini di inisiasi atas kerjasama antara pemerintah (Gubernur) dan Dinas Pertanian provinsi Jambi dengan Kementerian Pertanian (Kementan). Dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkebunan yang turun langsung menjadi jembatan dan penyelenggara kegiatan FGD guna pelaksanaan program Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (GRATIEKS) yang telah dicanangkan Menteri Pertanian serta menindaklanjuti GRASIDA demi mewujudkan kesejahteraan petani karet dan kayu manis yang menjadi penghasilan utama sebagian besar petani sana.

FGD diselenggarakan di  Swiss-bell hotel Jambi, dengan diikuti oleh beberapa stakeholder (Pemerintah daerah - pemerintah pusat) terkait, pelaku, pengusaha yang bergerak didalam pelaku usaha Karet daerah dan Nasional. Rapat dibuka pada jam 08:30 oleh Gubernur Provinsi Jambi yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten 2 Gubernur Provinsi Jambi. Beliau menyampaikan satu hal didalam sambutannya “peningkatan kesejahteraan masayarakat provinsi Jambi terletak pada komoditas karet dan kayu manis” hal ini disampaikan dengan tegas dan lugas karena berdasarkan fakta data yang diterima olehnya dari BPS dan Bapennas. Beliau sangat berterimakasih kepada pemerintah pusat yang terdiri dari Kementerian Peranian dan Kementerian perindustrian dan perdagangan serta Kementerian Luar Negeri.

Sesi Panel diskusi sangat menarik antusiasme peserta diskusi dengan membahas konsep hingga teknis dalam program GRASIDA dan GRATIEKS. Materi disampaikan secara berurutan sebagai berikut; (1) Persiapan dan Peluang Ekspor Kayu manis oleh Asisten 2 Gubernur Provinsi Jambi, (2) Strategi Gerakan Peningkatan Produksi, Nilai tambah dan daya saing Karet dan Kayu Manis oleh Direktur Perlindungan Perkebunan, Kementerian Pertanian, (3) Grand Design Pengembangan dan Upaya GRASIDA komoditas karet dan kayu manis oleh Prof. Dr. H. Syamsurijal Tan, SE., M.A (4) Upaya Akselerasi Gratieks Perkebunan (Prof. Dr. Imam Mudjahidin, dan (5) Potensi dan Upaya Akselerasi program Grasida komoditas karet dan kayu manis di provinsi Jambi.

Program grasida dan gratieks disambut baik oleh pemerintah daerah yang hal ini diwakili oleh Bupati dan dinas Pertanian Kerinci dengan program ini diharapkan mampu meningkatkan nilai tambah dan mendapatkan harga yang layak dan dapat mensejahterakan petani karet dan kayu manis. Kabar baiknya, bupati kerinci sudah melakukan negoisasi dengan beberapa negara yang menginginkan kayu manis nya, yang pada dasarnya mereka telah tahu kualitas kayu manis kerinci dengan beberapa uji laboratorium yang telah dilakukan. Jadwal kabar baik tersebut diagendakan pada bulan april mendatang, pungkasnya” semoga hal ini menjadi berkah bagi program pusat , daerah dan masyarakat petani Jambi pada khususnya dan petani Karet dan Kayu Manis Nasional pada umumnya”. Diakhir sesi di lakukan pentanda tanganan komitment pelaku usaha dengan pemerintah daerah dan Pusat.

 

Artikel terkait