Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
TV-TANI
Saber Pungli
satu-layanan
Ejurnal
perpus_digital
Kalender Tanam
WBK
Pakar Kopi
SKM
LPSE
PPID
Sigap UPG
pui-balittri
Lapor.go.id
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Download

Online

Terdapat 46 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1543823
FGD Koordinasi Pembangunan Nursery PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Asif Aunillah   
Senin, 09 Maret 2020 07:30

Dalam rangka mengakselerasi penyediaan benih unggul tanaman perkebunan khususnya untuk perkebunan rakyat, maka Direktorat Jendral Perkebunan (DIRJENBUN) tahun 2020-2024 memiliki program penyediaan logistik benih perkebunan. Program ini diwujudkan melalui penyediaan benih bermutu oleh pemerintah melalui pengembangan kebun sumber benih (KBS) dan nursery modern di sejumlah kawasan sentra perkebunan komoditas tanaman perkebunan. Untuk mewujudkan pembangunan nursery perkebunan yang modern/semi modern dan kooridnasi yang baik antar stakeholder yang terlibat, DITJENBUN menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Koordinasi Pembangunan Nursery yang dilaksanakan di Hotel Royal Padjadjaran, Bogor tanggal 3-4 Maret 2019.

Acara ini dibuka oleh Direktur Perbenihan Perkebunan DITJENBUN, Dr. Ir. M. Saleh Mokhtar, MP. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan maksud pertemuan ini adalah menyamakan persepsi mengenai permbangunan nursery ini dan mengeratkan koordinasi antar stakehoder terkait serta menyelaraskan aspek teknis nursery sendiri.  Melalui program  Logben5 (Logistik Benih 5 juta), DITJENBUN menargetkan untuk menyediakan 5 juta benih tanaman perkebunan yang termasuk didalamnya 10 jenis komoditas, yaitu kopi, kakao, pala, lada, cengkeh, karet, kelapa, jambu mete, teh dan tebu.

Acara kemudian dilanjutkan pemaparan Kebijakan Direktorat Perbenihan Perkebunan dalam Mendukung Logistik Benih Perkebunan, oleh Direktur Perbenihan Perkebunan. Setelah sesi tanya jawab, acara dilanjutkan kesiapan pembangunan nursery  modern/semi modern tahun 2020 oleh Kepala BBPPTP (Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan) di Medan, Surabaya dan Ambon.

 

Materi berikutnya tentang Pengadaan Barang dan jasa dalam Pembangunan Nursery. disampaikan oleh Drs. Toto Sumanto M.Si. selaku Kepala bagian Layanan Pengadaan Barang/Jasa Kementerian Pertanian. Dilanjutkan penyampaian oleh Fuadi Ak, MPA, Inspektur III Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian tentang Simpul Kritis dan pengendalian Intern dalam Rangka Pengawalan Pembangunan Nursery. Selanjutnya disampaikan oleh Puj Uji Nantoro, S.Si., MM, Kepala Sub Bagian Penatausahaan Barang Milik/Kekayaan Negara, biro keuangan dan perlengkapan - Kementerian pertanian tentang Manajemen Operasional Nursery Modern/semi-Modern.

 

Artikel terkait