Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Lapor.go.id
Saber Pungli
perpus_digital
Ejurnal
WBK
satu-layanan
LPSE
TV-TANI
SKM
Sigap UPG
pui-balittri
WBS
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 28 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1667924
Hari Kopi Nasional PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Cici Tresniawati   
Jumat, 13 Maret 2020 07:30

Salah satu momentum dalam rangka menggalakan usaha di bidang perkopian dan untuk lebih mencintai kopi nusantara maka ditetapkan tanggal 11 Maret sebagai Hari Kopi Nasional. Dalam rangka memperingati Hari Kopi Nasional ke-2, Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) bersama Kementerian Pertanian (Kementan) dan Badan Standarisasi Nasional (BSN) serta para stakeholders kopi mengadakan serangkaian acara yang dipusatkan di Gedung F Kementan Jakarta. Hari rabu tanggal 11 Maret 2020 menjadi tonggak sejarah ditandanganinya MOU antara Dekopi dengan Stakeholders; peluncuran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk usaha kopi dan integrasinya, launching ekspedisi kopi nusantara, serta ngopi bareng kopi ber SNI (Standarisasi Nasional Indonesia).

Acara dibuka oleh Dr. Anton Apriantono sebagai ketua Dewan Kopi Indonesia, harapan beliau bahwa hari Kopi Nasional Indonesia bisa menjadi momentum untuk meningkatkan semangat bagi para stakeholders perkopian Indonesia dalam menjadikan kopi Indonesia menjadi kopi unggul di dunia, karena Indonesia memiliki citarasa yang khas. Menteri Pertanian Syahrul Yasil Limpo (SYL), dalam arahannya Menteri Pertanian meminta dukungan dari semua pihak yang terkait untuk mengupayakan kopi Indonesia semakin mendunia, melalui peningkatan produktivitas dan perluasan lahan kopi.

Acara dilanjutkan dengan Talkshow dengan tema “Menggenjot Ekspor Kopi dan Produksi Kopi Bermutu untuk Kesejahteraan Petani/UKM, melalui penerapan SNI Kopi dan Dukungan KUR”. Talkshow menghadirkan perwakilan dewan kopi dari provinsi Lampung dan Jambi, Kementerian Koperasi dan UKM dan BSN.

Pada hari Kopi Nasional ke-2 Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) berpartisipasi dalam pameran produk kopi dengan membagikan kopi V60 berbahan Arabika dan Robusta dan membagikan beberapa buku kopi Teknologi secara gratis. Dalam kunjungannya ke stand pameran Balittri, Dr. Anton Apriantono meminta kepada pihak Balittri meneruskan penelitian yang sedang dilakukan dan merakit varietas kopi dengan produktivitas tinggi dan citarasa yang khas.

 

Artikel terkait