Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pui-balittri
WBS
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam
Lapor.go.id
Saber Pungli
perpus_digital
Ejurnal
WBK
satu-layanan
LPSE
TV-TANI
SKM
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 15 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1667967
Rapat Koordinasi Lingkup Puslitbangbun, Pertajam Strategi Wujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Lia Anggraini   
Senin, 23 Maret 2020 07:30

Sebagai upaya meningkatkan kinerja serta memperkuat dukungan terhadap pencapaian target program Kementerian Pertanian (Kementan), Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun)  menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Lingkup Puslitbang Perkebunan Tahun 2020, Selasa (10/3) lalu. Tema yang diangkat pada Rakor kali ini adalah Peran Inovasi Teknologi dalam Peningkatan Daya Saing dan Nilai Tambah Komoditas Perkebunan Mendukung Pertanian Maju, Mandiri dan Modern. Sebanyak 100 orang peserta yang hadir terdiri dari Kepala Balai, Pejabat struktural Lingkup esselon 3 dan 4, Profesor Riset lingkup Balitbangtan, Peneliti dan kepala Kordinator IP2TP lingkup Puslitbang Perkebunan. Selain itu, hadir juga Kepala Balai Besar Biogen Ir. Mastur Ph.D, Perwakilan dari Balai Besar Mekanisasi Pertanian Dr. Ir. Astu Unadi, M.Eng, serta Kepala BPTP Yogyakarta Dr. Suharsono, M.Si.

Kepala Puslitbangbun, Ir. Syafaruddin Ph.D menyampaikan bahwa penyelenggaraan rakor ini dimaksudkan untuk melakukan penajaman program kerja tahun anggaran 2020-2024 dalam mendukung program kerja Gerakan Peningkatan Produksi dan Daya Saing (Grasida) dan Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks). Rakor ini juga akan membahas mengenai penajaman program  kerja lingkup Puslitbang Perkebunan tahun anggaran 2020-2024, penyusunan rencana dan strategi peningkatan kerjasama diseminasi, dan pelayanan publik lingkup puslitbang perkebunan, serta tersusunnya strategi pengelolaan IP2TP puslitbang perkebunan. “Rapat koordinasi ini juga menjadi momentum untuk merancang strategi diseminasi dan pengelolaan sumberdaya Puslitbangbun sehingga dapat mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern” lanjutnya.

Dr. Ir. Fadjry Jufry, M.Si selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) juga didaulat untuk membuka acara yang berlangsung di Hotel Indoluxe, Yogyakarta. Pada rapat kali ini juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kinerja eselon 3 dan 4 lingkup Puslitbangbun, serta Penandatangan Kerjasama dengan beberapa stakeholder. Selain itu juga, terdapat beberapa diskusi mengenai sinkronisasi antara inovasi teknologi terhadap dukungan Gratieks dan Grasida, serta Langkah Startegi Penyederhanaan Birokrasi.

Rakor yang berlangsung selama 3 (Tiga) hari ini diakhiri dengan kunjungan ke Taman Teknologi Pertanian (TTP) Nglanggeran Gunung Kidul, Yogyakarta. Tujuan Fieldtrip adalah untuk memberikan gambaran mengenai bagaimana operasional pengelolaan TTP yang menjadi show window agroindustri tanaman perkebunan. Sehingga akan menambah wawasan dalam pendampingan TTP yang juga dilaksanakan di lingkup Puslitbangbun.

 

Artikel terkait