Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
SKM
WBK
Kalender Tanam
perpus_digital
Saber Pungli
Ejurnal
Lapor.go.id
satu-layanan
TV-TANI
Pakar Kopi
WBS
pui-balittri
PPID
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 17 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1477245
Bimbingan Teknis Pengelolaan Informasi Publik Secara Online PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Diah Ayu Rahmawati   
Senin, 11 Mei 2020 09:49

Di tengah kondisi Darurat Kesehatan akibat penyebaran Corona virus disease 2019 (Covid-19), pelaksanaan pengelolaan dan Pelayanan informasi Publik di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) harus tetap berjalan secara online melalui aplikasi Portal Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Sejalan dengan kebijakan Work Form Home untuk ASN Kementerian Pertanian serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik, Biro Humas dan Informasi Publik telah melaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan dan Pelayanan Informasi kepada PPID Eselon I dan PPID Pelaksana Unit Pelaksana Teknis (UPT) secara Online yang dilaksanakan pada tanggal 20 – 30 April 2020.

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan dan Pelayanan Informasi pada tanggal 28 April 2020 bersama sebelas PPID UPT lingkup Badan Litbang Pertanian. Acara diawali dengan kata pengantar oleh Kepala Bagian Umum Pengelolaan Informasi Publik, Komarudin dan sekaligus menjadi moderator diskusi bersama  Kepala Biro Humas dan IP Kementan Kuntoro Boga Andri, S.P., M. Agr. Dalam arahannya, Kepala Biro menyampaikan bahwa berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi oleh Komisi Keterbukaan Publik Kementan ditetapkan sebagai Badan Publik Informatif kluster tertinggi dalam penganugrahan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2019.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi portal PPID serta praktik penggunaan portal PPID dalam memberikan layanan dan pengelolaan informasi publik melalui aplikasi Silayan dan Sidado. Selain itu, beberapa pembaruan dan penambahan fitur di portal PPID Kementan disampaikan dan disosialisasikan kepada para peserta bimtek. Pada kesempatan ini, PPID Balittri berkesempatan melakukan praktik penggunaan menu Silayan Online dan Database Dokumen serta mendapatkan apresiasi. Dengan diselengggarakan acara bimtek ini diharapkan seluruh PPID lingkup Kementan tetap berkomitmen menderaskan informasi positif kepada masyarakat dan tidak melupakan kewajiban dalam pengelolaan layanan IP secara Proaktif, Efektif, dan Transparan menuju Pertanian Maju, Mandiri dan Modern.

 

Artikel terkait