Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
satu-layanan
LPSE
WBK
Lapor.go.id
WBS
Pakar Kopi
PPID
perpus_digital
Kalender Tanam
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 18 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1805408
Penetapan Pohon Induk Terpilih Korolla di Lampung PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Laba Udarno   
Minggu, 26 Juli 2020 07:30

Penetapan Pohon Induk Terpilih (PIT) Korolla 1, 2, 3 dan 4 di Laksanakan pada tgl 24 Juli 2020 berlokasi di kebun petani milik Nasrun yang berada di Desa Sumber Jaya Kec. Sumber Kabupaten Lampung Barat. Penetapan dan penilaian diikuti beberapa instansi terkait, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) yang diberi tugas sebagai peneliti pemulia tanaman, Peneliti Ahli Madya Drs. M Laba Udarno TS bersama sama dengan Balai Pengawasan dan Pengujian Mutu Benih (BP2MB) Medan, UPTD BP2MB Propinsi Lampung serta Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung Barat.

PIT yang ditetapkan sebanyak 400 tanaman Klon korolla 1, 400 tanaman klon korolla 2,  korolla 3 sebanyak 50 tanaman dan juga korolla 4 sebanyak 50 tanaman. Bila sudah diterbitkan SK penetapan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan (Dirjenbun) maka kebun induk terpilih tersebut dapat diedarkan sebagai benih entres dengan cabang plagiotrop yg dapat diadopsi oleh para petani. Sehingga benih entres tersebut legal untuk diperjual belikan.

Dalam hasil rapat dari tim yang hadir pada saat penilaian maka disarankan kepada dinas perkebunan kabupaten Lampung Barat untuk membuat kebun induk entres plagiotrop di lokasi milik dinas, agar tetap terpelihsra dan dapat dimanfaatkan bagi petani yang membutuhkan.

 

Artikel terkait