Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
satu-layanan
LPSE
WBK
Lapor.go.id
WBS
Pakar Kopi
PPID
perpus_digital
Kalender Tanam
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Download

Online

Terdapat 18 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1805407
Balittri ikut dalam Kegiatan FGD Reviu Peta Jalan Komoditas Perkebunan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Samsudin   
Senin, 27 Juli 2020 07:30

Bertempat di IPB International Convention Center, komplek Botani Square, Bogor pada hari Jum’at 24 Juli 2020 telah dilaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) reviu terhadap roadmap komoditas strategis dan program prioritas lainnya untuk komoditas perkebunan (kopi, kakao, kelapa, karet, sawit, dan komoditas lainnya). Acara ini dilaksanakan oleh Biro Perencanaan Kementerian Pertanian, secara offline dan online. Hadir pada acara tersebut Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun), Peneliti senior dari Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian (PSEKP) Dr. Ir. Delima Hasri Azahari, M.S., Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Dr. Tri Joko Santoso, S.P., M.Si, Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Dr. Ir. Evi Savitri Iriani, M.Si, perwakilan dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) dan beberapa pejabat struktural lingkup Ditjenbun.

Proyeksi pengembangan komoditas perkebunan dalam 5 tahun kedepan yang sudah dirancang sebelumnya mengalami perubahan yang cukup signifikan akibat wabah Covid 19 yang melanda dunia. Produksi dan produktivitas komoditas perkebunan mengalami penurunan akibat adanya kebijakan protokol Kesehatan yang harus dipatuhi oleh semua lapisan masyarakat. Demikian pula volume dan nilai ekspor komoditas perkebunan mengalami penurunan yang cukup besar, akibat kebijakan lockdown dan penutupan jalur transoprtasi ke negara-negara tujuan ekspor. Oleh karena itu perlu dilakukan reviu terhadap angka-angka proyeksi yang sudah disusun sebelumnya agar lebih realistis.

Khusus untuk komoditas kakao, Direktorat Tanaman Tahunan dan Penyegar bersama Balittri telah melakukan pembahasan terhadap buku roadmap kakao, secara virtual pada tanggal 9 Juni 2020. Dr. Ir. Samsudin, M.Si yang mewakili Balittri telah memberikan masukan penting dalam upaya pengembangan kakao nasional ke depan, terutama terkait dengan penyediaan bahan tanam kakao berkualitas yang mudah diakses oleh para petani di wilayah sentral produksi kakao. Semoga komoditas perkebunan yang menjadi andalan ekspor nasional ini akan semakin berkembang dan mampu menggerakkan ekonomi rakyat di sektor riil.

 

Artikel terkait